PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI MELALUI STRATEGI INDEKS CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) DI KELAS V SD NEGERI RAPAMBINOPOKA DESA LALOMBONDA KEC. LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE

Samrin Samrin

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
bidang studi pendidikan agama Islam melalui strategi indeks card match
(mencari pasangan). Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah
strategi indeks card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
pada bidang studi pendidikan agama Islam di kelas V SD Negeri
Rapambinopoka Desa Lalomboda Kec.Lalonggasumeeto Kab. Konawe.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dengan dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali tatap muka
Peneliti berperan sebagai pengamat terhadap proses pembelajaran bidang studi
pendidikan agama Islam di kelas V dalam penerapan strategi indeks card match,
yang dilaksanakan oleh guru pendidikan agama Islam.
Hasil penelitin menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I
pertemuan pertama persentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategori
sangat aktif dan aktif sebesar 58% dan siswa yang berada pada kategori
cukup aktif dan kurang aktif sebesar 42%. kemudian pad pertemuan ke dua
mengalami peningkatan dimana siswa yang sangat aktif dan aktif sebesar
76% sedangkan untuk siswa yang masuk dalam ketegori cukup aktif dan
kurang aktif sebesar 24%. Pada siklus II pertemuan pertama siswa yang
berada pada kategori sangat aktif dan aktif sebesar 82% dan siswa yang
berada pada karegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 18%. Kemudian
pada pertemuan ke dua kategori siswa yang sangat aktif dan aktif
meningkat menjadi 94% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktif
hanya 6%. Sedangkan hasil belajar siswa manunjukkan bahwa siswa yang
tuntas kegiatan pembelajarannya pada siklus I sebanyak 12 orang atau 71%
dan siswa yang tidak tuntas kegiatan pembelajarannya sebanyak 5 orang
atau 29%. Kemudian hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru mengalami
peningkatan pada siklus II dimana siswa yang tuntas kegiatan
pembelajarannya sebanyak 15 orang atau 88% dan siswa yang tidak tuntas
kegiatan pembelajarannya sebanyak 2 orang atau 12%.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Strategi, Indeks Card Match.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i1.94

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats