Pengaruh Metode Pembelajaran dan Penilaian Kinerja Berbasis Rubrik terhadap Hasil Belajar Siswa

la boy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Quantum Teaching dan penilaian kinerja berbasis rubrik terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode pembelajaran Kuantum. Penilaian kinerja berbasis rubrik, rubrik yang dimaksud adalah rubrik analitik dan holistik. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Tomia  Kabupaten Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara pada kelas VII tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen dan desain penelitian adalah analisis varians dua jalan.

Analisis data menggunakan analisis varian dua-jalur dan uji t-Dunnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa yang diberi penilaian kinerja berbasis rubrik analitik lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diberi penilaian kinerja berbasis rubrik holistik, 2) terdapat pengaruh interaksi antara kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran dan kelompok siswa yang diberi penilaian kinerja berbasis rubrik terhadap hasil belajar matematika siswa, 3) kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kuantum, hasil belajar matematika siswa yang diberi penilaian kinerja berbasis rubrik analitik lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diberi penilaian kinerja berbasis rubrik holistik,

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kuantum digabung dengan penilaian kinerja berbasis rubrik analitik mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


A’la, Miftahul. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press, 2010.

Anonim. Metode Ekspositori, 2010. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2010/04/metode-ekspositori.html diakses 17/11/2010.

______. Metode Pembelajaran Ekspositori, Latihan Praktik (Drill And Practice), Penemuan dan Inkuiri, 2010 http://blog.unsri.ac.id/widyastuti/pendidikan/motede-pembelajaran-ekspositori-latihan-praktik -drill-andpractice-0penemuan-dan-inquiri/mrdetail/14373/ diakses 07/10/2010.

______. Participant’s Guide Mathematics Grade 8, Training for Gerogia Performance Standards Day 2: Learning to Assessment Assessing to Learn. Georgia, Kathy Cox, Superintendent of schools, 2007. Diakses 13/12/2010.

______. Rubrics: Grading Effectively and Efficently Module 2 The Buzz of using rubrics,p.1. 2008 diakses 20/10/2008 http://www.teachnology.com/tutorials/teaching/rubrrics/whatare/

Arends, Richard I. Learning to Teach, terjemahan Helly Prajitno dan Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia. Jakarta: Kaifa, 2009.

Danielson S.A. Collection of Performance Task And Rubriks. http://www.assesment.com/Danielson/ 10/4/2006 diakses 15/11/2010.

Departemen Pendidikan dan Nasional. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Puskur-Balitbang Depdiknas, 2001.

dePorter, Bobby, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie. Quantum Teaching, terjemahan Ary Nilandari. Jakarta: Kaifa, 2007.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Djaali dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Pps UNJ, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Djiwandono, Wuryani. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo, 2008.

Gregory, Robert J. Psychology Testing: History, Principles and Aplication. Needhan heights, Boston: Allyn and Bacon, Inc. 2000.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Hill, Bonnie Campbell dan Cynthia Ruptic. Practical Aspects of Authentic Assessment. Washington: Christopher-Gordon, Inc, 1994.

Hudoyo, Herman. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta:P2LPTK Depdikbud, 1988.

Jacobsen, David A., Paul Eggen dan Donald Kauchak. Methods for Teaching, terjemahan Achmad Fawaid dan Khoirul Anam Jakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Kadir. Statistika untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna, 2010.

Kulieke, M. et al. Assessment Based on a Vision of Learning .1 (http://www.ncrel.org/assessment). Html, 2001, diakses 6/07/2008

Mehrens, W.A. dan J. Lehmann. Measurement and Evaluation in Educational and Psychology, second edition. New York: Holt Rinehart and Winston, 1978.

Mertler, Craig A. Designing Scoring Rubrics for Your Classroom. Practical Assessment, Research & Evaluation, 7(25). diakses 24/04/2008 from,p.4.2008. (http://PAREonline.net/getvn.asp?V=7&n=25)

Moskal, Barbara M. Scoring Rubrics: What, When and How?. Practical Assessment, Research & Evaluation, 7(3).p.1, diakses 24/04/2008 (http://PAREonline.net/getvn.asp?y=7&n=3)

http://PAREonline.net/getvn.asp?v=9&n=2 times since 1/28/2004.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Muthe, Bermawi. Desain Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2009.

Muslich, Masnur. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta:PT Bumi Aksara, 2008.

Naga, Dali, S. Berhitung, Sejarah dan Perkembangan. Jakarta: Gramedia,1980.

Nasution, Andi Hakim. Landasan Matematika. Jakarta: Bharatara Karya Aksara, 1982.

Nitko, Antony J. Educational Assessment of A students. New Jwersey/Colombus, Ohio, 1996.

Nomor, B. U. U. R. I. (2013). Kata Kunci: Pendidikan, Anak Usia Dini dan Assessment. Jurnal Al-Ta’dib, 6.

Popham, W. James. Classroom Assessment What Teacher to Know. Boston, Allyn & Bacon, 1995.

Purwanto, Eko. Apa Hakekat Matematika. http://smansatase.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=72:hakmat&catid=57:artpend&Itemid=80 diakses, 06/07/ 2010 03:03

Riyanto, Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media, 2009.

Ronis, Diane. Pengajaran Matematika sesuai Cara Kerja Otak, terjemahan Herlina Jakarta: PT Indeks, 2009.

Rose, Colin. Super Accelerated Learning. Surabaya: Bone Pustaka, 2007.

Sa’ud, Udin Saefudin. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.

Shirran, Alex. Mengevaluasi Siswa, terjemahan Nien Bakti Soemanto. Jakarta: Grasindo, 2008.

Siahaan, Frieda Maryam. Seminar Pendidikan Potensi Anak Diabaikan. Kompas tanggal 30 Oktober 2009.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Soedjadi, R. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstalasi Keadaan Masa Kini Menuju Masa Depan. Jakarta: Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, 2000.

Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Sudjana, D. Metode dan Teknik Pembelajaran Parsipatif. Bandung: Falah Production, 2005.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Sujono. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti, 1988.

Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sumaji, dkk. Pendidikan Sains yang Humanis. Yogyakarta: Kanisius, 1998.

Sumardyono. Makalah Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika, PPPG Matematika Yogyakarta. http://p4tkmatematika.org/download/ppp04_KarMtk.pdf diakses 27/12/2010

Suriasumantri, Jujun S.. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan,1999.

Suryabrata, Sumadi. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi, 2005.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Sriyanto, HJ. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas, 2007.

Tierney, Robin & Marielle Simon. (2004). What's still wrong with rubrics: focusing on the consistency of performance criteria across scale levels. Practical Assessment, Research & Evaluation, 9(2). diakses May 18, 2010 from

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Van De Walle, John A. Matematika Sekolah Dasar Pengembangan Pengajaran, terjemahan: Dr.Soyono, M.Si. Jakarta: Erlangga, 2007.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovasi Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. terjemahan: Prajitno Soetjipto, MA dkk Jakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Wortham, Sue C. Assessment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall, 2005.

Zaini, Achmad. 2009. Peningkatan Penguasaan Matematika Siswa Melalui Kombinasi Proses Pembelajaran Klasikal, Kelompok dan Perorangan.

Zarkasih, M. Firdaus. Belajar Cepat dengan diskusi. Surabaya: Indah, 2009.

Zainul, Asmawi. Alternatif Assessment. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Dirjen Dikti Depdiknas, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 la boy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats