Studi Korelasional Perilaku Kepemimpinan dan Iklim Kerja dengan Prestasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas
Abstract
Abstrak
Penelitian ini ditujukan kepada guru-guru sekolah menengah atas di Kota Kendari dengan 51 orang guru sebagai sampel yang dipilih secara acak. Dari hasil penelitian disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam mengendalikan sekolah berhubungan erat dengan prestasi kerja guru; (2) hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim kerja merupakan salah satu prediktor prestasi kerja guru. Iklim kerja yang dimaksud adalah yang kondusif dan menyenangkan; (3) dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan dan Iklim kerja secara bersama-sama merupakan prediktor prestasi kerja guru. Dengan demikian maka untuk mewujudkan prestasi kerja guru yang lebih baik maka beberapa faktor penentu harus diperhatikan adalah perilaku kepemimpinan dan iklim kerja. Artinya jika seorang kepala sekolah memilki perilaku kepemimpinan dan iklim kerja yang positif dan kondusif maka prestasi kerja guru akan cenderung meningkat, sebaliknya jika seorang kepala sekolah memiliki perilaku kepemimpinan dan iklim kerja yang negatif dan tidak kondusif maka prestasi kerja guru akan cenderung menurun.
Kata kunci: Perilaku Kepemimpinan, Iklim Kerja, dan Prestasi Kerja.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman. 1993. pengelolan pengajaran. Ujung Pandang : Bintang Selatan
Arsyad, Azhar. 2003. Pokok-Pokok Manajemen Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekutif. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Alhadza, Abdullah. 2006. Dimensi-Dimensi Kardinal dalam Manajemen Pendidikan Nasional. Makasar : Umitoha
Azhari, Ahmad. 2003. Supervisi Rencana Program Pembelajaran. Jakarta: Ardadizya.
Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta : Bumi Aksara
Davis, Keith and John W. Newstrim. 1985. Perilaku dalam Organisasi Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PPMTK Ditjen Dikti Depdikbud dan Rineka Cipta
Fattah, Nanang. 2003. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Gordon, Judith R. 1996. Organizational Behavior A Diagnostic Approach. New Jeresey : Printice-Hall
Hamalik, Oemar. 1984. Pendidikan Guru : Konsep, Kurikulum, Strategi. Bandung : Pustaka Martiana
Hersey, Paul and Kenneth Blanchard. 1990. Manajement Of Organizational Behavior. Utilizing Human Resources New Jerrsoy : Printice-Hall
Hadiyanto, Subijanto. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 040. tahun ke-9
Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Jafar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ciawi Bogor : Ghalia Indonesia.
Junaedi, E, 2004. Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Pengembangan Tim dan Pemberdayaan Kegiatan Belajar Mengajar oleh Kepala Sekolah terhadap Mutu Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cimahi Tengah, Tesis: http://.upi.edu/org/abstrakthesis,04.h. 27 desember 2006.
Hasanah, A, 2004. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SLTPN Kota Bandung, Tesis: http://.upi.edu/org/abstrakthesis,04.h. 27 Desember 2006.
Kartono, Kartini. 2001. Pimpinan dan Kepemimpinan. Jakarta : Raja Grafindo.
Mulyasa, E. 2003. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Jakarta : Departemen Agama.
Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yokyakarta. Gadjah Mada University Press.
Ndaraha, Taliziduhu. 2003. Budaya Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta.
Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yokyakarta : Gadjah Mada University Press
Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo
Nurdin, H. Syafruddin. 2005. Guru Profesional dan Implementasi Kuirikulum. Jakarta: Quantum Teaching
Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi Edisi kelima. Jakarta : Erlangga
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Ridwan. 2005. Balajar Mudah Penelitian untuk Guru dan Karyawan. Bandung: Alfabeta
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Gramdeia Widia Sarana Indonesia.
Salusu, J. 2004. Pengambilan Keputusan Stratetik Untuk Organisasi dan Organisasi Non Profit. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Sudjana, Nana. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Susilo, Martoyo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 4. Yokyakarta : BPFE Yokyakarta.
Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep-Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Yokyakarta. Graha Ilmu.
Sutarto. 1995. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yokyakarta. Gadjah Mada University Press.
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Quality Management Edisi Revisi. Yokyakarta: Andi
Usman, Moh User. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Wahjosumidjo. 1987. Kepemimpinan dan Motovasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Manajemen Berbasis Sekolah. Direktorat Jendral Manajemen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mansyur Mansyur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: |