Analisis Perbandingan Karakter Menghargai Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas

Arif Rahman Hakim

Abstract


Penelitian survei ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana perbandingan sikap siswa sekolah menengah atas terhadap pendidikan karakter menghargai prestasi. Survei yang menggunakan metode komparatif ini dilaksanakan pada 890 siswa sebagai populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa kelas XII IPA di salah satu sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini memiliki karakter yang baik dalam menghargai prestasi. Mengingat pentingnya penerapan pendidikan karakter pada siswa pada setiap jenjang pendidikan, sangat diharapkan adanya peningkatan kesadaran siswa dalam menghargai prestasi.

 


Full Text:

PDF

References


Al Musafiri, M. R. (2017). Peran kearifan lokal bagi pengembangan pendidikan karakter pada sekolah menengah atas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 1-19.

Amir, R. (2017). Membangun karakter dalam perayaan budaya lokal di Kabupaten Takalar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(3), 127-133.

Fauzi, A. R., Zainuddin., & Ayok, R. A. (2017). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.

Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 88-95.

Kurniawati, R., & Irsyadillah. (2018). Analisis nilai karakter dalam teks cerita buku pelajaran siswa sekolah dasar. Master Bahasa, 6(2), 103-114.

Listiyono. (2012). Pendidikan karakter dan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) dalam perencanaan pembelajaran sains. Jurnal Phenomenon, 2(1), 95-107.

Nurjanah, S. (2017). Penanaman karakter kerja keras dan menghargai prestasi pada siswa. Skripsi tidak dipublikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1563

Refbacks



Copyright (c) 2020 Arif Rahman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats