STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Erdianti Erdianti

Abstract


Upaya pemberdayaan seluruh potensi organisasi yang
terkadang memiliki keterbatasan baik dari segi kuantitas maupun
dari segi kualitas, tentunya menuntut kemampuan dan ketrampilan
dari seorang kepala sekolah dalam mengelola dan menata
sumberdaya organisasi yang dimiliki dengan sebaik mungkin dengan
cara menerapkan prinsip efektifitas dan efisiensi dalam
pengelolaannya.
Dengan demikian, peningkatan dan pengembangan
kompetensi profesional guru menjadi suatu keharusan dan perlu
mendapat perhatian khusus terutama dari kepala sekolah sebagai
supervisor pendidikan yang berkewajiban melakukan pengawasan
dan pembinaan bagi guru khususnya di bidang akademik agar
kinerja mereka dapat terus menerus mengalami peningkatan ke
arah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Semakin baiknya
kualitas proses pembelajaran yang dilakukan guru tentunya
berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar yang
dicapai oleh siswa. Namun demikian, dalam pelaksanaan supervisi
akademik tidak terlepas dari faktor penghambat yang menjadi
rintangan dalam pelaksanaan pemberian bantuan profesional
kepada guru. Hal ini tampaknya harus disadari oleh supervisor
sebagai suatu aspek yang tidak bisa dilepaskan dari seluruh
keberhasilan kegiatan upaya peningkatan mutu pembelajaran.
Ada berbagai macam strategi yang dapat diterapkan kepala
sekolah dalam pelaksanaan pemberian bantuan dan pembinaan guru
dalam mengembangkan kompetensi profesional guru. Salah satunya
yaitu melalui pemberdayaan di antara sesama guru, terutama oleh
guru yang dinilai telah profesional dan berpengalaman berbagi
pengetahuan dan pengalaman dengan guru yang lain.
Kata Kunci : Strategi kepala sekolah,dan kompetensi guru.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i1.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats