PEMBELAJARAN AKTIF SEBAGAI INDUK PEMBELAJARAN KOOMPERATIF

Raehang Raehang

Abstract


Pembelajaran aktif sebagai metode pembelajaran yang
melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran aktif mengkondisikan agar siswa selalu melakukan
pengalaman yang bermakna dan senantiasa berfikir tentang apa yang
dapat dilakukan dalam proses pembelajaran, sehingga
meningkatakan efektivitas dalam proses pembelajaran dan mencapai
tujuan pendidikan. Keberhasilan ditentukan oleh pemberian materi
dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat kepada siswa.
Pemilihan strategi yang bervariasi dalam pembelajaran tentunya
melibatkan siswa disesuaikan dengan kondisi siswa itu sendiri.
Penerapan dan pengembangan metode pembelajaran yang aktif
menentukan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan
pembelajaran aktif, siswa dimotivasi untuk memiliki kreativitas dalam
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi.
Pelaksanaan pembelajaran aktif dengan sendirinya dapat
memperoleh pengetahuan. Kecakapan baik melalui mendengar
mengamati,empati,Mendiaknosa,serta terjadi kebersamaan dan
keterbukaan dan saling bekerja sama dalam memecahkan suatu
permasalahan/menyelesaikan materi yang diberikan oleh guru untuk
dapat diselesaika melalui pembelajaran tersebut.
Kata kunci: Pembelajaran aktif, dan pembelajaran kooperatif.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats