Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5e Dengan Memanfaatkan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA SD

yunita jais, Samrin Samrin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E dengan memanfaatkan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 18 Baruga. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Baruga tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri 4 kelas. Penentuan sample penelitian dilakukan dengan cara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen-dokumen, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E dengan memanfaatkan media audio visual, sedangkan  kelas  kontrol  menggunakan  model pembelajaran konvensional. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas konstruk dan validitas isi dengan penghitungan menggunakan korelasi biserial. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus KR 21 dengan hasil r11= 0,825. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E dengan memanfaatkan media audio visual lebih baik daripada hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 18 Baruga. Hasil ini dibuktikan dengan nilai rata- rata posttest hasil belajar IPA kelompok eksperimen yaitu 83,92, lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest hasil belajar IPA kelompok kontrol yaitu 58,92. Hal ini juga didukung dengan hasil uji t data posttest pada kedua kelompok. Dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,136 > 2,010 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.

Kata Kunci: Model siklus belajar (learning cycle) 5E , media audio visual ,hasil belajar IPA SD


Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah dan Eny Rahma. Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta:Bumi Aksara, 2011.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2011.

Eny Rahma, Abdullah Aly. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Ibrahm dan Suparni. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Ilham Muhammad, Eti Hardiyanti. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS dengan Metode Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.7(1):12-29

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Nurul, Qomariyah. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Model Siklus Belajar (learning cycle) 5-E, Jurnal. (Malang: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang, 2009.

Ngazizah, Nur. Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA AT-Tauhid Sidoresmo Dalam Surabaya Pada Materi Peluang,Jurnal. Surabaya: Perpustakaan Fakultas Tarbiyah Prodi Tadris Matematika IAIN Sunan Ampel, 2010.

Nurhalimah. Pengembangan Perangkat Analisis Gravimetric Degan Model Learning Cycle 5-E Untuk Sekolah Menengah Kejurusan Program Keahlian Analisis Kimia, Jurnal. Jurusan pendidikan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang, 2010.

Patta Bundu. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Rahmawati, Nur Fitria. Impleentasi Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pythagoras Di Kelas IX Mts N Sidoarjo, Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya, 2009.

Sugianto, Agus, dkk. Pembelajaran IPA MI: Paket 1-7. Surabaya: LAPIS-PGMI, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana, Cet. Ke-4, 2011

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 yunita jais, Samrin Samrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

site
stats

View My Stats