Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

Linggar Setyowati, Ety Nur Inah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IVa SDN 18 Baruga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian siswa kelas IVa SDN 18 Baruga dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model Number Head Together (NHT) pada siswa kelas IVa SDN 18 Baruga dengan materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Presentase ketuntasan belajar matematika siswa kelas IVa sebelum tindakan mencapai 23,07% dengan nilai rata-rata 50,76. Setelah dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 46,15% dengan nilai rata-rata 63,46. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% siswa memperoleh nilai , sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 88,46% dengan nilai rata-rata 85,38 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70.

Kata Kunci:Numbered Head Together, KPK dan FPB, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Alie, N. H, 2013, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X 2 SMA Negeri 3 Gorontalo pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi [Online]. Vol 08 (01),

Anita Lie, 2010, Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, (Jakarta: PT. Grasindo),

Aniza, Muh. Hasbi dan Baharuddin, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII Tulip SMP Negeri 14 Palu, Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 04 Nomor 03.

Ginting Kula, 2013 Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 060885 Medan, JURNAL TEMATIK, ISSN : 1979-0633, Volume : 003/No.12/DIKSAS,

Hariyanti, Sri dan Naim Musyafik, 2013, Pengaruh Penerapan Metode CTL (Contextual Teaching an Learning) terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada The Naff Elementary School, Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, Vol. 2, Nomor 2,

Hartanti, Titin 2013 “Penggunaan Model Number Head Together dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Kalam Cendekia PGSD Kebumen,

Hidayati, Yulia Maftuhah, 2012, Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL ) di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 13, No. 1.

Irhas, 2014, Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 6 Kendari, Skripsi (Kendari: Program Strata 1 STAIN Sultan Qaimuddin,

La Anse, Muhammad Ilham. 2018. The Implementation of Cooperative Learning (Numbered Head Together) to Boost Students’ Learning Outcome in Social Studies Subject. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. IOP Publishing.

Mutia Agisni Mulyan,dkk, 2016, Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya, Jurnal Pena Ilmiah PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang, Vol. 1, No. 1

Purwanti, S. A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika [Online]. Tersedia: http://ejournal.unpak.ac.id/download.php?file=mahasiswa&id=721&name=SELVIANI%20AYO%20JURNAL.pdf

Purwanto, 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putu Dewi Ariestuti, I Wayan Darsana, Rini Kristiantari, 2014 Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD 3 TONJA, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:2, No:1,

Rika Firma Yenni, 2016 Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang, JPPM Vol. 9 No.2,

Sabil Husni, 2011 Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP INJA, Jurnal Edumatica, ISSN 2088-2157, Volume 1 Nomor 1,

Sugiawan, R. 2014 Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Portal E-Journal Universitas Lampung [Online]. Vol 03..(01),

Titin Hartanti, Desi Tri Widiyanti, Dkk, 2012, Penggunaan Model Numbered Heads Together (Nht) Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret),




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Linggar Setyowati, Ety Nur Inah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo JournalStories Main logo JournalStories Main logo

site
stats

View My Stats