Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

imelda hasdani, La Hadisi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Wakorumba Selatan dengan jumlah 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini deperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar kemudian dianalisis secara deskriptif kualtitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan pada materi pecahan. Nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 63,64% dan siklus II mencapai 81,82% dengan nilai rata-rata pada siklus I 69,32 dan siklus II 81,82. Peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I 63,64% dan siklus I ke siklus II 81,82%.

Kata Kunci: STAD, hasil belajar, dan pecahan


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Fathani, (2009). Matematika Hakikat dan Logika, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).

Ahmadi, Lif Khoiru, & Sofan Amri, (2011). Paikem Gembrot, Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot, (sebuah Analisis Teoritis, Konseptual dan Praktik), (Jakarta: PT Prestasi Pustaka Karya).

Asneli Lubis, (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas V SMA Swasta UISU Medan. (Vol 1 No 1), h. 27-32.

Daryanto & Muljo Raharjo, (2012). Model pembelajaran inovatif, (Yogyakarta: Gava Media).

Mulyasa, (2011). Praktik penelitian tindakan kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmahni Harahap, (2013), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di MTsN Model Banda Aceh, (vol. 2 No 4).

Pandom Media Nusantara, (2014). Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta).

Prayitno, (2009). Dasar Teori dan Praktis pendidikan, (Cet Ke- 1., Jakarta: Pt. Grafindo).

Raodatul Jannah, (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya, (Jogjakarta: Diva Press).

Raslimin, W. O. (2018). PENERAPAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA MTsN I WAKATOBI. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115-135.

Santi Utami, (2015), Peningkatan Hsil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajran Dasar Sinyal Video, (Vol 4 No.22), h. 424-431.

Suyadi, (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Diva Press).

UU RI No. 20 Tahun 2003, (2005). Sistem Pendidkan Nasional(Jakarta: Cemerlang).

Wina Sanjaya dan Dedi Dwitagama, (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT Indeks).

Wina Sanjaya, (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Cet Ke-6, Jakarta: Kencana).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 imelda hasdani, La Hadisi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

site
stats

View My Stats