Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Pembelajaran Senam Fantasi pada Anak Kelompok Raudathul Atfal di Kendari

Hasmin hasmin, Erdiyanti Erdiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada siswa PAUD di Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian yaitu 13 anak kelompok B. II RA. Aisyiyah Nurhaq Baruga, Kendari tahun pelajaran 2018/2019, dan terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran senam fantasi dapat meningkatakan kemampuan motorik kasar anak. Di tunjukkan dengan penilain dengan mengunakan skor bintang * artinya belum berkembang, bintang ** artinya mulai berkembang, bintang *** artinya berkembang sesuai harapan, bintang **** artinya berkembang sangat baik. Persentase kemampuan motorik kasar anak terus meningkat dari Pra Siklus 23,07%  menjadi 61,53%,  pada siklus I dan 84,61% pada siklus II.

Kata Kunci: : Pembelajaran senam fantasi, Kemampuan Motorik kasar


Full Text:

PDF

References


Agus Mahendra. (2015), Bermain Melalui Gerak dan Lagu Di TK. Jakarta: Depdiknas,

Fadlillah Muhammad.(2016). Desain Pembelajaran Paud Yogyakarta : Ar-Ruzz Media,

Hurlock. (2015). Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta. Depdiknas

Ike Ayu Sukmaningrum, Mengembangkan Ketrampilan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menjahit Untuk Usia 5 – 6 Tahun Semester I Tk Karangrejo 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun (Online), http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diunduh 22 Maret 2016

Kunandar.(2013). Psikologi Perkembangan, Kendari: CV.Shadra

Martini. 2012. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui senam fantasi di TK Al-Hikmah Lubuk Basung.Jurnal pesona PAUD Volume 1 No 1. Tersedia di http://id.portal garuda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=100804. Di akses pada 26 Mei 2018

MS. Sumantri.(2015). Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional,

Rini. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka,

Rita Eka Izzaty.(2015). Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional,

Samsudin. (2010) . Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Grup:Jakarta

Suriati, S., Kuraedah, S., & Erdiyanti, E. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211-223.

Sujiono. (2016). Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka

Yusmarni. 2012. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui senam fantasi menurut cerita di TK Negeri Pembina Padang Pariaman.Jurnal Pesona PAUD Vol.1No.1.Tersediadihttp://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=100793di akses pada 26 Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasmin hasmin, Erdiyanti Erdiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

site
stats

View My Stats