Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Sekolah Dasar

erma hening astuti, Samrin Samrin, Raehang Raehang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 3 Tinanggea. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (PTK). Desain Penelitian mengguakan model Kemmis &Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Tinanggea yaitu 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas guru dari siklus 1 ke siklus II yaitu 11,11% menjadi 3,71%. Sedangkan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 14,82% menjadi 7,41%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 60,65, siklus I sebesar 73,70 dan pada siklus II sebesar 84,78. Tingkat ketuntasan pada pra siklus adalah 34,78%, pada siklus I menjadi 60,86% dan pada siklus II menjadi 78,26%. Adapun persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 21,51% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 15,03% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II adalah 39,78%

Kata Kunci: Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta). 137

Aqib Zainal. 2013. Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), (Bandung: Yrama Widya). 18-19.

Bakarudin, Mustafa, Yusnani. 2011. Number Heads Together Untuk Meningkatkan keaktifan dan Penguasaan Konsep Matematika, Jurnal PTK DBE3.Volume Khusus No. 1. 28

Daryanto & M. Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif, (Yogyakarta: Gava Media). 240

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta). 3

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: GP. Press). 5

Imas Kurniasih dan Berllin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Untuk Peningkatan Prefesionalitas Guru), (Jakarta: Kata Pena). 29

Jumanta Hamdayama. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter, (Bogor: Ghalia Indonesia). 177

Kawuwung Femmy. 2011.“Profil Guru, Pemahaman Kooperatif NHT, Dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Di SMP K abupaten Minahasa Utara”, El-Hayah, .Vol.1 No. 4. 157-158

Raslimin, W. O. (2018). PENERAPAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA MTsN I WAKATOBI. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115-135.

Sulfiani Ridha. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas IX IPA I SMA Negeri 3 Watampone ( Studi Pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Priodik Unsur dan Bentuk Molekul). Jurnal Chemica Vol. 17 No. 1. 5-6

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana). 83

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). (Bandung: Citra Umbara, 2003)

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran aktif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya). 216-217




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 erma hening astuti, Samrin Samrin, Raehang Raehang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

site
stats

View My Stats