Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Fajar, Hadi Machmud

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan media sosial oleh siswa di sekolah dasar, dampak yang timbul dari penggunaan media sosial bagi siswa sekolah dasar, dan peran serta kebijakan sekolah terhadap penggunanaan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa menggunakan media sosial untuk aktualisasi dan visualisasi diri, (2) Frekuensi mengakses media social bergantung pada kepemilikan gadget dan fasilitas yang tersedia, (3) Dampak positif dari penggunaan media social yaitu memudahkan terjalinnya komunikasi antara siswa dan guru; sebagai sarana belajar dan mencari sumber referensi belajar. Sebaliknya dampak negatif dari penggunaan media social yaitu kecanduan siswa terhadap konten negatif. (5) Adapun peran dan kebijakan sekolah terhadap penggunaan media sosial bagi siswa tidak dapat dibendung dengan larangan, (6) tetapi kebijakan kepala sekolah yang mengikuti perkembangan pendidikan saat ini memperbolehkan penggunaan tersebut dengan menitik beratkan peran guru sebagai objek utama dalam usaha pengawasan dan kontrol di dalam dan di luar kelas selama waktu sekolah berlangsung.

Kata Kunci: Siswa SD, Dampak Media Sosial, 

   


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Lainnya, Cet.III, Jakarta : Kencana.

Conny , R. S. (2010) Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Elvinaro, A. (2004). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Fauzi, M. R. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Sosialisasi Nilai-Nilai Keagamaan Terhadap Anak di Dalam Keluarga, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah.

Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani. (2015). Peran Media sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung, Jurnal Sosietas, 5(1).

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Banda Aceh: Jurnal Edukasi 2(1).

Morissan. (2014). Media Sosial dan Partisipasi Sosial di Kalangan Generasi Muda, Jurnal Visi Komunikasi, 13(1).

Nasrullah, R. (2017) Media sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Putra, D. E. (2014). Menguak Jejaring Sosial, Serpong : Graha Ilmu.

Rachmat, K. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup.

Rasyidah, D. S. (2017). Skripsi :”Pengaruh Penggunaan Media sosial dan Jenis-jenis

Media sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI”. Surakarta : IAIN Surakarta.

Rustiana, Persepsi Digital Dependent terhadap Pemanfaatan Media Sosial dan Dampak Sosial Ekonominya, Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1).

Soekanto, S. (2001). Sosiologi Sebagai Pengantar, Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung : CV Alvabeta

Tilaar H.A.R., Nugroho, R. (2009). Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, Cet II,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media sosial Untuk Kemantrian Perdagangan RI, Jakarta : Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Fajar, Hadi Machmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

site
stats

View My Stats