Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick Melalui Media Strip Story Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII SMP Ilmiah Kendari

Deni Marliani, Supriyanto ., Muh. Shaleh, Raehang .

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe talking stick melalui media strip story dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Ilmiah Kendari. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Ilmiah Kendari.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung peningkatan hasil belajar siswa. Hasil persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 21,43% dengan nilai rata-rata 65,71. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 60,71% dengan nilai rata-rata adalah 82,96.  Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 90,89. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,26%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 41,17% dan peningkatan kemampuan siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan  model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick melalui media strip story dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Ilmiah Kendari.


Full Text:

PDF

References


Arifah. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V Mi Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri. Skripsi tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung. repo.iain-tulungagung.ac.id diakses tanggal 12 Februari 2019 pukul 09.35 WITA.

Darniati, P. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Pada Siswa Kelas XI.B2 Pemasaran SMK Negeri 1 Kendari. Skripsi tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Kendari, Kendari.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2011) Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Barat: PT Indeks.

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Zaini, H. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif. Jogjakarta: Pustaka Insan Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v2i1.2053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats