Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Waode Sasmita Febrianti, Rasmi Rasmi, Zulkifli Musthan, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam (studi pada Desa Labaraga Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat masyarakat Desa Labaraga untuk melanjutkan studi di IAIN Kendari, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikan menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum minat Masyarakat Desa Labaraga Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara masih sangat kurang, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya keinginan atau ketertarikan terhadapa IAIN Kendari, Jurusan yang dibidangi tidak sesuai dengan jurusan yang ada di IAIN Kendari, kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai IAIN Kendari, pengaruh lingkungan sosial, dan kurangnya motifasi atau dorongan orang tua, serta mempertimbangkan peluang kerja setelah menyelesaikan studi.

 Kata kunci: Minat, Melanjutkan Studi, dan Perguruan Tinggi Islam


Full Text:

PDF

References


Pratiwi Suciningrum, Nike dan Endang sri rahayu. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan tinggi Pada Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.. Vol. 3, No. 1.

Hajiji, Muhammad. (2019). Perguruan Tinggi Agama Keagamaan Islam Harus Berkontribusi ke Masyarakat, https://www.antaranews.com/berita/549707/perguruan-tinggi-keagamaan-islam-harus-berkontribusi-ke-masyarakat.

J. Lexy, Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Baharuddin. (2012). Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap Fenomena, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Heryaningsih dkk. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Jurnal Of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research.. Vol. 2, No. 2.

Abbas, Syahrizal. (2014). Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Prenadamedia Group.

Amin Abdullah, M. (2011) Masa Depan Perguruan Tinggi Islam. Http://ww.google.com/edukasi/read2011/04/28/10102259/Masa.Depan.Perguruan.Tinggi.Islam.

Kementerian Agama IAIN Kendari. (2015). Panduan Pembelajaran Efektif, (Kendari: Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kendari.

Bahri Djamarah, Syaiful. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,

Rachman Abror, Abd. (2010). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Taiara Wacana.

Syah, Muhibin. (2012). Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.