Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 1 Kendari

Mira Mira, Marlina Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X A6 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kendari.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran  kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I adalah 54,29% dengan nilai rata-rata 74,83. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata adalah 79,60. Kemudian dilanjutkan pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 91,42% dengan nilai rata-rata 81,86. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 42,09%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 18,51% dan peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 68,39%.

Kata kunci: Metode Student Teams Achievement Division, Hasil belajar Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Kusumah, Wijaya & Dwitagama, Dedi (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.

Ma’unah, Binti (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Hasan, Muhammad(2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI Jurusan Keagamaan MAN 2 Probolinggo. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Mulyasa (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Inah, Ety Nur (2006). Statistik Pendidikan. Kendari: Istana Profesional.

Riyanto, Yatim (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Jumariyah, Siti (2013). Penerapan Model Pembelajaran STAD Dengan Media Audio Visual Untuk Menongkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Slinga. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, Nana (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suyuthi, Ahmad (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al Hikmah, 2(2) h.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.