Problematika Rendahnya Minat Baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara

Lusiana Sari, Samrin Samrin, Karim Karim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Faktor Internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra. 2) Upaya-upaya yang telah di lakukan dalam meningkatkan minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan deskritif. Metode pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawacara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian meggunakan analisis data Miles dan Huberman dengan beberapa tahapan, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi rendahnya minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara ialah berupa fasilitas sarana yang kurang memadai, perkembangan teknologi, koleksi bahan pustaka, kebutuhan anggaran, kurangnya sosialisasi dan kurang sumber daya manusia. 2) Upaya-upaya yang telah di lakukan dalam meningkatkan minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara ialah berupa membuat kegiatan, kerjasama dengan stake holder, membentuk organisasi, peningkatan sarana dan prasarana, dan perpustakaan keliling.

Kata kunci: Analisis, Rendahnya, Minat Baca


Full Text:

PDF

References


Bahry, Rajab (2003). Kebiasaan dan Minat Baca. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Djamarah (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriyani, Ratujana (2016). Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Barru.

Kohar, Ade ((2003). Teknik Penyusunan Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan: Suatu Implementasi Studi retrospektif. Jakarta.

Kana, Any A. (2003). Anggaran Manajemen. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Mutia, Fitria (2004). Sarana dan Prasarana Perpustakaan Sebagai Aspek Kekuatan Dalam Mengembangkan Perpustakaan. Depdiknas.

Munandar (2000). Budgeting. Yogyakarta: BPFE Universitas Gaja Mada.

Paonganan, Herlina W. (2014). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Layanan Pemustaka pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Jurnal, 8(2).

Rohmah, Umi (2018). Gadget dan Perkembangan Anak Usia Dini, Al Hikmah Proceeding Islamic Early Childhood Education.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor, 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.