Kepedulian Orang Tua Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak di Desa Anggondara Kabupaten Konawe

Ika Safitri, Sitti Aisyah Mu'min, Faizah Binti Awad

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kepedulian orang tua terhadap anak dalam hal implementasi nilai pendidikan agama islam di Desa Anggondara, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe. Penelitian deskriptif kualitatif ini, data dikumpulkan melalui observasi, interviu, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kepedulian yang dilakukan orang tua kepada anaknya yakni membimbing anaknya dengan melakukan tindakkan secara langsung dan ikut mempratikkan tidak hanya menyuruh, memberikan perhatian terhadap belajar anak, mengajarkan berakhlak baik kepada orang tua dan orang lain, memotivasi dengan membantu dan mengembangkan cara belajar anaknya, menasehatianak tentang hak dan kewajibannya sebagai seorang anak yang wajib berbakti kepada orang tua, serta memberikan anak reward dan punishment. Faktor pendukung berupa kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan agama bagi anak dan dukungan Taman Pendidikan Alquran yang berperan secara aktif mengajar anak-anak mengaji dan lingkungan masyarakat agamis dan punya toleransi yang tinggi Adapun faktor penghambat yang dihadapi orang tua yaitu masih terdapat pula masyarakat yang kondisi ekonominya kurang, serta faktor media yang ikut mempengaruhi pola pikir anak-anak.

Kata kunci: Kepedulian Orang Tua, Implementasi Nilai Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


A’la, Rofiqul (2016). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah, 9(2).

Aniqotsunainy, Desy & Paramytha, Nurhapsari P. (2016). Penguatan Keluarga Sakinah bagi Ibu Muda di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(1).

Arifin, Muzayyin (2012). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bafadhol, Ibrahim (2017). Pendidikan Akhlak dalam persfektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam 6(12).

KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) http://kbbi.web.id/pusat. Online: diakses 9 November 2018.

Djaelani, Moh. Solikodin (2013). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Kawula Indonesia (STIAKI), 1(2).

Hanum, Atifah & Casmini (2015). Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Self-Efficacy Siswa dan Implikasinya pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman, Yogyakarta. Jurnal Hisbah, 12(2).

Isna, Mansur (2011). Dirkursus Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Istikhori (2017). Pemikiran ‘Abd Al-rahman Al-Nahlawi tentang Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid. Jurnal Pendidikan Islam UIK Bogor, 6(12).

Jalaluudin & Abdullah (2010). Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT. Gaya Media Pratama.

Kaelan (2008). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Mago, Nur Intan Hamid (2018). Pembinaan Orang Tua Kepada Remaja dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam di Desa Abelisawah Kabupaten Konawe. Kendari: Universitas Muhammadiyah Kendari.

Miles & Huberman (2011). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Purwanto, Ngalim (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmat, Stephanus T. (2018). Filsafat Pendidikan Anak dan Remaja. Jurnal Pendidikan STKIP Santu Paulus, 1(1).

Sari, Yuni M. (2014). Pembinaan Toleransi dan Peduli Social dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.