Strategi Kepala Sekolah dalam Menjalin Kemitraan Kerja di SMK Negeri 2 Konawe Selatan

Muhammad Rohim, Syahrul Syahrul, Erdiyanti Erdiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja yang meliputi: perencanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja; pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja; dan pengendalian strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan sekunder, metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja di SMK Negeri 2 Konawe Selatan terdiri dari beberapa kegiatan. (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja dilakukan dari tahap menetapkan tujuan, menentukan sasaran, membuat kesepakatan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), Menyiapkan kompetensi, Penanaman attitude dan koordinasi pengurusan. (2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja meliputi proses sinkronisasi kurikulum, komunikasi sekolah, dan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin). (3) Pengendalia n strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja dialksanakan dengan dua cara yang pertama pengendalian pelaksanaan dan yang kedua pengendalian pelaksanaan.

Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah dan Kemitraan Kerja

 


Full Text:

PDF

References


Anggini, Nurliawati (2017). Implementasi Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di SMK PU Negeri Bandung. Jurnal Manajamen Pendidikan, 3(2).

Ahmad, Beni & Saebani (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Budi, Sutrisno (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di SMK Muhammadiyah 2 Wonogiri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).

Daryanto (2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.

Kartono, Kartini (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.

Wibisono, Yusuf (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.

Winardi (2012). Dasar-Dasar Manajamen. Bandung: Mandar Maju.

Yulmawati (2016). Strategi kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manjamen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.