Hubungan Disiplin Kerja dengan Peningkatan Kinerja Guru di Smp Negeri 1 Konawe Selatan

Wilujeng Rahayu, Abbas Abbas, Muh Shaleh

Abstract


Artikel ini bertujuan mengetahui hubungan disiplin kerja dengan peningktan kinerja guru. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 1 Konsel, adapun sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru tetap yang ada di SMPN 1 Konsel dari jumlah populasi yaitu sebanyak 42 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja dengan peningkatan kerja memiliki hubungan dari hasil uji koefisien korelasi produk momen yang dilakukan mendapatkan nilai Pearson Correlation sebesar 0,903 yaitu memiliki hubungan yang sangat kuat, uji koefisien determinasi Dimana nilai kontribusinya variabel x ke variabel y cukup besar yaitu sebesar 81.54 jadi variabel disiplin kerja memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru, Dan uji signifikan atau uji t variabel X dengan variabel Y memiliki hubungan bahwa Variabel X (disiplin kerja) dan variabel Y (peningkatan kinerja guru) t hitungnya sebesar 13.28, dengan demikian t hitung > t tabel  2. 021 (13.28>2.021) yang secara statistik, variabel X memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel Y. Tingkat disiplin kerja yang ada di SMPN 1 Konsel yaitu 97,23% masuk  dalam kategori disiplin kerja tinggi dan kinerja guru yaitu 99,47% masuk dalam kategori tinggi.

Kata kunci:Disiplin Kerja, Peningkatan Kinerja Guru

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto (2006). Prosedur Penelitian sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aida, Rahmita Sari (2013). Hubungan Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Handoko, Hani (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Ika, Rina L. (2012). Hubungan Antara Motivasi dan Disiplin Kerja dengan Prestasi Guru SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan (2008). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2009). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R dan D. Bandung: CV Alfabeta.

Wulan, Sarah (2013). Hubungan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Guru. Jurnal STIE ISM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.