Pengaruh Training ESQ Terhadap Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton

Muhammad Malik Fajar, Nur Alim, Marlina Marlina, Syahrul Syahrul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh training ESQ terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa((i) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton yang berjumlah 132 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 57 orang dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) training ESQ yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Buton mendapatkan penilaian sangat baik (87,5%). (2) kecerdasan spiritual yang dimiliki Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton setelah mengikuti Training ESQ dalam kategori Baik (78.9%). (3)  Hasil pengujian koefisien korelasi nilai r sebesar 0,320 berada pada tingkat hubungan rendah. Adapun hasil pengujian kontribusi variabel X (Training ESQ) terhadap variabel Y (Kecerdasan Spiritual) diperoleh hasil 0,103 atau 10,3%. Selanjutnya, hasil analisis pada pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh hasil uji thitung = 2,507> ttabel 0,2564. Jadi, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh training ESQ yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton.


Full Text:

PDF

References


Akdon, R. &. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ali, M., Masril, David, Suswati H. dan Wahidah F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepribadian Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Kabupaten Agam. Jurnal al-Fikrah.

Badruddin Kardas, M. Y. (2019). Implementasi Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di Universitas Islam Makassar. Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.

Baharuddin dan Rahmatia Z. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sma Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Jurnal Idaarah

Cahyo Tri Wibowo. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Pada Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Kautsar, E. M. (2016). Analisis Isi Sesi Leadership Principle Dalam Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165. Jakarta.

Nurfitria, N. (2011). Pengaruh Pelaksanaan Training ESQ terhadap Kinerja Karyawan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ridwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta

Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak: Dimensi, Urgensi dan Edukasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam.

Sri, B. K. dan Endah B. (2015). Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Pelatihan ESQ Guna Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Untag Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen

Zahrotul, B. (2016). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Anak dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.