Peran Pengajian Kitab Tarajumah Dalam Menumbuhkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang

Yudhi Putra Utama, Undang Ruslan, Neng Ulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengajian kitab tarajumah dalam menumbuhkan pemahaman pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang. Dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V berjumlah 35 Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang. Sampel yang digunakan adalah 100% dari 35 siswa yang artinya semua siswa kelas V. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentsi yaitu untuk peran pengajian kitab tarajumah yang meliputi : Pelaksanaan pengajian kitab tarajumah di MI Nurussibyan diikuti semua siswa dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, pemahaman pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V hanya sekedar mengetahui tapi tidak untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, Peran Pengajian Kitab Tarajumah Dalam menumbuhkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V rajin belajar Agama Islam, lancar membaca Al-Qur’an, rajin menghafal, dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, Peran Pengajian Kitab Tarajumah Dalam Meninngkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang dikatakan baik memberikan kontribusi 70% dalam menumbuhkann pemahaman Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


Bentuk karangan ini adalah karangan dengan cara menerjemahkan kitab-kitab keagamaan dari bahasa Arab ke bahasa Jawa, untuk mendahulukan umat dalam memahami ajaran agama dan untuk memenuhi dakwah Islamiyah. Penggunaan bahasa Jawa dan menuangkan pemikiranya dalam bentuk syair adalah untuk memudahkan. Karena kebanyakan orang Jawa dalam memahami ajaran keagamaan sering menadzamkan kitab-kitabnya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i2.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats