Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinekaan di SMAN 4 Kendari

Muh Rezki Wahyudi, St. Fatimah Kadir, Pairin Pairin, Jumarddin La Fua

Abstract


jurnal ini merupakan hasil penelitian tentang Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinekaan Siswa di SMAN 4 Kendari, yang terletak di Kecamatan Kadia Kota Kendari. penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan Nilai-Nilai kebhinekaan pada siswa di SMAN 4 Kendari, bagaimana strategi guru Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai kebhinekaan siswa di SMAN 4 Kendari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan tekhnik triangulasi, subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMAN 4 Kendari, wakasek bidang humas, guru-guru PAI, Siswa-siswi SMAN 4 Kendari.         Hasil penelitian ini adalah : gambaran penerapan nilai-nilai kebhinekaan yang sudah terpatri dalam diri siswa SMAN 4 Kendari ini adalah 1) nilai toleransi, 2) nilai keadilan, 3) nilai gotong royong, 4) nilai kerukunan. Jadi penerapan Nilai-Nilai kebhinekaan di SMAN 4 Kendari ini sudah berjalan dengan cukup baik melihat berbagai keberagaman yang ada disekolah tersebut tapi mereka tetap saling toleransi, menghargai perbedaan yang ada. Adapun strategi guru PAI dalam menanamkan Nilai-Nilai Kebhinekaan di SMAN 4 Kendari ini meliputi: 1) pengelolaan pembelajaran melalui pengarahan dan pengajaran, 2) melauli pembinaan serta pengarahan dalam penanaman nilai-nilai kebhinekaan


Full Text:

PDF

References


Faisal ismail (2012), Republik Bhineka Tunggal Ika: Mengurai Isu-Isu Konflik, Multikulturalisme, dan sosial budaya, (Jakarta: Kementrian Agama RI Badan Litbang dan Puslitbang Kehidupan Keagamaan,)

Lubis, A. Y (2006), Dekontruksi Epistimologi Modern Teori Kritis Poskolonialisme hingga Catur Scinence (Jakarta:Pustaka Indonesia Satu,),

Maksudi,E.Imam (2012). Bhineka Tunggal Ika sebagai Sumber Nilai kebangsaan Indoneia Observasi Peneliti, pada saat melaksanakan Magang 2, Pada waktu melaksanakan pembelajaran PAI di kelas XI MIA Olimpiade di SMAN 4 kendari

((https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/15/080000269/bhinneka-tunggal-ika-arti-dan-maknanya).

Wawancara dengan salah satu siswa kelas XI MIA OLP. SMAN 4 Kendari

Denzin, K.N & Yvnona S.L. (2009). Hanbook of qualitative research, edisi bahasa Indonesia. Yogyakarta: pustaka Pelajar

Trikinasih Handayani, Wuryadi, Zamroni (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan hidup Sekolah dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 3 (1), (95-105)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.