Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Gallery Walk Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 4 Kendari

Fitriani Fitriani, Raehang Raehang, St Fatimah Kadir, St. Aisyah Mu'min

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Gallery Walk siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 4 Kendari. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai pada faktor yang diteliti. Ditetapkan bahwa tindakan yang digunakan dalam peningkatan hasil belajar siswa adalah metode Gallery Walk. Adapun dalam menerapkan metode Gallery Walk ini adalah Guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok, Menentukan topic/tema, Menyiapkan alat dan bahan seperti (kertas manila, gunting, lem, double tip, penggaris, dan spidol), Mendesain Gallery sesuai tema yang dipelajari. Dalam penelitian ini, setiap siklus tindakan yang telah dilakukan melalui metode Gallery Walk hasil belajar siswa dengan pokok bahasan shalat Jum’at, dan shalat Jamak Qasar  dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus hingga siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus sebesar 67,06 dengan ketuntasan belajar 36,36% dan setelah tindakan siklus I  hasil belajar yang diperoleh siswa  meningkat sebesar 57,57% dengan nilai rata-rata 73,69 namun belum mencapai indikator yang ditetapkan. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 72,72% dengan nilai rata-rata 83dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah peneliti tetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 73.

 

Kata Kunci: Gallery Walk, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v1i2.2272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats