Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kendari

Rezky Amalia, Moh. Yahya Obaid, St. Fatimah Kadir, Marzuki Marzuki

Abstract


Artikel ini mengetahui Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada SMA Negeri 4 Kendari dengan sasaran permasalahan (1) Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA Negeri 4 Kendari (2) Kendala apa yang dihadapi oleh guru PAI dalam penerapan Pendekatan Saintifik dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI MIA Olimpiade SMA Negeri 4 Kendari terdiri dari tiga bagian utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, pendekatan saintifik telah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan nampaknya sebagian besar kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik namun dalam pelaksanaannya belum secara maksimal. Kendala Penerapan Pendekatan saintifik yaitu pada saat kegiatan menanya tidak semua siswa berani untuk bertanya dan berpendapat, pada kegiatan menalar siswa masih kurang aktif untuk bekerja sama dengan kelompoknya.


Full Text:

PDF

References


Anas, Sudjono (2012). Pengantar Ststistik Pendidikan. Jakarta: Raja grapindo Persada.

Arya Setya, Nugroho (2016). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 164.

Daryanto (2014). Pendidikan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Johari, Marjan. (2014) Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Ganesha.11

Permendikbud No.65B. (2013) Standar Proses Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Permendikbud No.69/2013, (2013) Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Pembaharuan Kurikulum, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud No.81A. (2013) Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Permendikbud No. 103 (2014) Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Ridwan, Abdullah Sani (2014) Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.