Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 2 Kendari

Murlina Murlina, Imelda Wahyuni

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa SMA Negeri 2 Kendari serta faktor yang menghambat terbentuknya. Penelitian ini di lakukan di Sekolah SMA Negeri 2 Kendari, Sulawesi tenggara Indonesia. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi (pengamatan), interview/wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi, Guru Pendidikan Agama islam, kepala Sekolah dan Sisw. Validasi data menggunakan trianggulasi data, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan dan pembinaan karakter pada siswa SMA Negeri 2 Kendari di lakukan beberapa cara yakni melalui kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan ekstrakurikuler. Faktor-faktor yang di hadapi oleh guru dalam membina karakter siswa adalah faktor internal dan ekternal atau yang biasa di sebut faktor dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan.



Full Text:

PDF

References


Abuddin, Pembentukan Karakter, (Yogyakarta: familia 2009), hal 185

Abuddin Nata, Perpektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2009), hal. 206

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajardan Micro Teaching(Padang: Quantum Teaching, 2010),h.1.

Agus Wibowo, Sigit Purnama, dan Hamrin. Strategi Kompetensi, Mebangun Karakter di Perguruan Tinggi,(Yogyakarta: Celeban timur UH/III 2012), hal. 33-36

Aziz H, Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati, (Jakarta: PT, Al-Mawardi Prima, 2011), hal. 121

Departemen pendidikan Nasional, UUSN NO.20 Tahun 2003 tentang pendidikan Nasional, (Jakarta: Balai Pustaka, 2009), hal. 7

E. Mulyasa, kurikulum berbasis kompetensi, (Bandung: Remaja Rodakarya, 2010), hal. 4

Http://mz-arifin .blogspot.com/2012/05/11- prinsip-prinsip pendidikan karakter.html di akses pada tanggal 07 juli 2017

Jalaludin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2010), hal. 93

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan (Bandung:PT.Remaja Roadakarya, 2010), h.210.

La Fua, J. (2015). Etnopedagogi Pembinaan SebagaiBentukPendidikanKarakter Dan Pendidikankarakter. Zawiyah: JurnalPemikiran Islam, 1(1), 97-119.

La Fua, J., &Wekke, I. S. (2017). ISLAM DAN KONSERVASI: PendekatanDakwah. Al-Tahrir: JurnalPemikiran Islam, 17(2), 411-432.

La Fua, J., &Samsul, H. I. R. U. N. (2019). Pembinaan Karakter Religius (Model Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Perilaku Pembinaan Pembentukan karakter siswa SMA Negeri 2 Kendari). Zawiyah: JurnalPemikiran Islam, 2(1)

La Fua, Lickona Thomas 2013. Educating for Character How Our School canTeachRespect and Responsibility. New York : Batam Books. Zahwiyah: jurnal Pemikiran Islam, 3(1)

La Fua, Munjin, 2015. Internalisasi Nilai-nilai budi pekerti Pada Anak. Komunika, Vol.2 No.2 jul-Des 2015. PP. 219-232. Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto. Zahwiyah: Jurnal Pemikiran Islam.

La Fua, Purwaningsih, SE. 2010. Keluarga dalam mewujudkan pendidikan nilai sebagai upaya mengatasi degradasi nilai moral. Jurnal pendidikan sosiologi dan humaniora. Vol,1 No.1 April 2010. Zahwiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Tjiptonohttp://www.pengertianahli.com/2013/12/pengertian-strategi-menurut-para-ahli.html. diaksese pada tanggal 11 juli 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.