Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Karakter Anak di Desa Ulukalo Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka

Syahrul Gunawan, St Fatimah Kadir, Imelda Wahyuni, Raehang Raehang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam mendidik karakter anak, dan untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua dalam mendidik karakter anak di Desa Ulukalo, Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penulis menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. serta uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, anak usia 6-12 tahun, dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pola asuh orang tua dalam mendidik karakter anak di Desa Ulukalo terdiri dari beberapa pola yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Dari ketiga pola tersebut yang paling dominan diterapkan adalah pola asuh demokratis. Dan situasi tertentu beberapa orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan permisif. Adapun faktor yang mempengaruhi penerapan pola asuh orang tua di Desa Ulukalo terbagi menjadi dua macam, pertama faktor pendukung yang meliputi lingkungan tempat tinggal yang religius, dan motivasi orang tua kepada anak. Kedua faktor penghambat meliputi kesibukan orang tua, teman sebaya, dan pengaruh buruk dari pesatnya arus globalisasi seperti handphone, game dan televisi


Full Text:

PDF

References


Adawwiyah, R., (2017) Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. ULM Banjarmasin.

Denzin, K. N & Yvnona S. L. (2009). Hanbook of qualitative research, edisi bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hidayanti, W. (2017) Peran Orang Tua Dengan Pola Asuh Demokratis Terhadap Prestasi Anak di Desa Sipatuhu Kec, Bandung Kab, Oku Selatan. Lampung : UIN Raden Patah Intan.

Jalaluddin. (2015). Mempersiapkan Anak Sholeh. Palembang : Noer Fikri Offiset.

Karyono, (2011). Peran ayah dalam pengasuhan anak. Journal psikolog UNDIP, Vol 9, No 1.

Mahmud, Heri G., & Yuyun Y., (2013). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta : Akademia Permata.

Observasi Peneliti, pada tanggal 10-15 februari 2020 di Desa Ulukalo Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 6, Nomor 1.

Sanjiwani, N., & Budiestyani., (2014). Pola Asuh Permisif Ibu Dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki Di SMA Negeri 1 Semarapura, Vol. 1, No 2.

Santika, I. (2017) Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol 5, No 2.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta : UGM




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i2.2331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats