Persepsi Orang Tua Terhadap Game Online Di Kalangan Pelajar Kelurahan Tondonggeu Kota Kendari

Awal Awal, St Fatimah Kadir, Muh. Yahya Obaid, Supriyanto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untu mengetahui persepsi orangtua terhadap game online dikalangan pelajar kelurahan Tondonggeu Kecamatan Nambo Kota Kendari serta dampak tehadap sikap pelajar baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh daridata internal dan data eksternal. Dalam penelitian ini digunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan empat tekhnik yaitu observasi, wawancara, Focus Group Discussion, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi(verification).Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa dampak game online terhadap sikap pelajar terbagi menjadi dua yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif: (1) memperkuat ikatan pertemanan, (2) mengenalkan teknologi bagi pelajar, (3) melatih kemampuan bahasa inggris.Dampak negatifnya yaitu (1) membuat kecanduan, (2) menghambat aktivitas sholat lima waktu, (3) kurang tidur, (4) menghambat aktivitas belajar, (5) Merokok, (6) Boros dalam hal keuangan, (7) Berbohong kepada orang tua. Selain itu ditemukan dilokasi penelitian, para orangtua masih lebih cenderung memberikan persepsi yang negatif terhadap game online yang dimainkan para pelajar.


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Ahyadi. 2001. Psikologi Agama. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Abdul Rahman, Pendidikan Integralistik: Menggagas Konsep Manusia dalam Pemikiran Ibnu Khaldum. Semarang: Walisongo Press, 2009.

Abdul Rohman.(2007). Kimia Farmasi Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C. V Andi.

Chandra, A.N. 2006.Gambaran Perilaku dan Motivasi Pemain Online Games.Jurnal Pendidikan Penabur No. 07/Th. V/Desember 2006.

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Rosda Karya Offset, 2015.

Egi Romadhan, “Dampak Kecanduan Game Online pada Kalangan Remaja Di Kelurahan Sisopoto Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya”. Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2019.

Glock dan Stark, dalam Roland Robertson Sosiologi Of Religion, (terj) Ahmad Fedyani Syaifudin, Agama Dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis, (Jakarta: Rajawali,1995).

Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v2i1.2405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats