Efektivitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Di Madrasah Aliyah Nahdatul Wathan Bima Maroa

Siti Rosmini, Samrin ,, Nur Alim, Badarwan .

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan aplikasi rapor digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa yang meliputi aspek: (1) penggunaan aplikasi rapor digital (2) Kinerja guru dalam penggunaan aplikai rapor (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi rapor (4)Efektivitas penggunaa aplikasi rapor digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepalah sekolah dan guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan aplikasi rapor digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa dalam penggunaan aplikasi rapor ini bisa dikatakan sudah berhasi diterapkan. Dengan adanya aplikasi rapor dapat membantu dan memudahkan guru dalam proses penginputan nilai siswa. (2) Kinerja guru dalam penggunaan aplikasi rapor digital kalau dilihat dari awal penggunaan aplikasi rapor digital guru belum bisa menerapkan aplikasi rapor akan tetapi seiring berjalannya waktu guru di sekolah Madrasah aliyah nahdlatul Wathan sudah bisa menerapkan aplikasi rapor. (3). Kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan aplikasi rapor yang pertama pada saat proses input data siswa dan data guru terkadang gagal oleh sistem, pada saat guru mengupdate data siswa dan guru yang terakhir jaringan. (4) Aplikasi rapor digital dapat dikatakan efektif digunakan di sekolah Madrasah Aliyah Nahdlatul Watahan Bima Maroa.


Full Text:

PDF

References


Almigo, N. (2004). Hubungan antara kepuasan kerja dengan produktivitas kerja karyawan. Jurnal PYSYCHE Vol.1 No.1 Desember 2004 , 53.

Djatmiko, E. (2006). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana terhadap kinerja guru SMPN kota Semarang. Jurnal Fokus ekonomi Vol 1 No 2 Desember 2006 , 26.

Kholikh, A. (2017). Problematika guru dalam mengolah rapor kurikulum 2013 di SDIT Muhammadiyah Al-Kausar. Skripsi , 7.

Khusnuddin. (2018). Model Spreadsheet Excel Aplication Pengelolaan hasil belajar peserta didik dalam penilaian kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan,vol.6. No.1 , 37-38.

Kusnawati. (2012). Pengembaangan aplikasi sistem pengelolaan nilai rapor di MTsN Piyung Banten. Jurnal dasi vol.13 no. , 45.

kusnawati, D. V. (2012). Pengembabangan aplikasi sistem pengelolaan nilai rapor di MTsN Piyungan Banten. Jurnal dasi vol.13no.1 , 45.

Mayengsari, E. (2012). Pengaruh efektivitas penerapan absensi Finger Print Terhadap Kedisiplinan pegawai negri sipil di Sekretariat daerah kabupaten lebak, Universitas Ageng Tirtayasa Serang. Skripsi , 19.

Mitayani, P. Y. (2019). Tingkat karekater tanggung jawab siswa (studi deskripsi pada siswa kelas VIII SMP Santo AloyosiuTuri Tahun ajaran 2018/2019). Skripsi , 18.

Muthoharoh, K. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Di MAN 1 Puringsewu . skripsi , hal. 69.

Purnamasari, I. (2014). Sistem informasi berbasis Web Di SMP 4 Temenggung. Jurnal ilmiah dasi vo.15 no.2 , 24.

Septirahayu, A. (2018). Penerapan sistem pengelolaan Nilai rapor di MTS AL-Ghazali Mirit Kebumen Berbasis Web. Jurnal JLSKA VOL.3 NO.1 , 15.

Yudhaningsi, R. (2011). Peningkatan efektivitas kerja melalui komitemen, perubaha, dan budaya organisasi. Jurnal Pengembangan Humaniora, vol.11, No.1 , 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v2i1.2584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats