Manajemen Boarding School Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kendari

Rustang B, . Badarwan, . Syahrul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang manajemen boarding school di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kendari dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Objek penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina asrama dan guru MAN IC. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data melalui triangulasi data (teknik, sumber dan waktu), perpanjangan pengamatan dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan pada rapat kerja awal tahun terkait dengan program kegiatan. 2) Pengorganisasian oleh kepala madrasah membawahi lima wakil kepala madasah dan empat pembina asrama. 3) Pelaksanaan kegiatan mulai dari pembagian tugas maupun kegiatan keasramaan dan kegiatan keagamaan. 4) Pengawasan dilakukan langsung oleh kepala madrasah, wakil kepala bidang keasramaan dan pembina asrama, guru piket dan guru asuh. 5) Pada tahap evaluasi dilakukan setiap bulan,  penilaian dan evaluasi setiap tahun. Dengan demikian, penelitian ini memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan terutama dalam hal pengelolaan berbasis boarding school, sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk sekolah maupun lembaga lainnya dalam meningkatkan pengelolaan boarding school di  maadrasah.

Kata kunci: Manajemen, boarding school dan MAN IC Kendari


Full Text:

PDF

References


Aini, A. Q. (2018). Sistem Pendidikan Asrama di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta , 2.

Aisyah, S. (2016). Boarding School Sebagai Penunjang Keberhasilan Nilai di MAN Insan Cendekia Serpong. SKRIPSI, UIN Syarif Hidayatullah , 1.

Arifin, M. (2012). Wacana Pengembangan Pesantren di Era Globalisasi. Journal Edu-Islamiyah Vol. 3, No. 3, Maret , 17-18.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Traingulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 10, No. 1 , 46-62.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter dan Non Dikotomik. Jakarta: Pustaka Pelajar & FITK UIN Sunan Kalijaga, Jurnal Pendidikan , 102.

Murtadho, A. (2012). Memperkokoh Kualitas Pendidikan Madrasah Berbasis TQM. Journal Forum Tarbiyah Vol. 10, No 1, Juni , 92.

Muslim, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Boarding School Dalam Meningkattkan Mutu Sekolah di MTs negeri 1 Surakarta. SKRIPSI, IAIN Surakarta , 92.

Muslim, M. (2018). Pengelolaan Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Makhad Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang. SKRIPSI, UIN Malang .

Siregar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Graha Indo.

Solikhun, M. (2018). Pembentukan Karakter Siswa Dengan Boarding Shool. Jurnal Studi Keislaman Vol. 4, No. 1, April , 51-52.

Sulastri, I. (2015). Implementasi Boarding Shool di SMA Semesta Semarang. SKRIPSI, UNNES Semarang , 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v2i1.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats