Implementasi Pembelajaran Kontruktivisme Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Buton Tengah

Sufiani Sufiani, Aris Try Andreas Putra, Marzuki Marzuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kontruktivisme mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Buton Tengah. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif.Metode pengumupaln data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yakni menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum memulai kegiatan pelaksanaan pembelajaran kontruktivisme, guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Buton Tengah, terlebih dahulu menyusun/menyiapkan administrasi pembelajaran berupa kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dan alat evaluasi. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran kontruktivisme, guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, dimulai dengan mengucapkan salam, berdo’a, presensi, menyiapkan psikis dan fisik peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi kepada peserta didik. Pada kegiatan ini mencakup kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Sedangkan pada kegiatan penutup peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran, mengadakan evaluasi untuk mengukur hasil belajar serta melakukan refleksi.


Full Text:

PDF

References


Gerrad, Senduk Agus (2013). Pembelajaran Kontekstual. Malang : UIN Malang.

Harjanto (2012).Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kunandar (2011).Langkah-Langkah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Press.

Mulyasa, E (2017). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif danMenyenangkan.Jakarta : Remaja Rosda Karya.

Novita, Iyang Ebi & Muzakkir (2020).Implementasi Teori Belajar Kontruktivisme padaPembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 22 Gowa, Jurnal Tarbawi, 05 (02), 127-142.

Sudjana, Nana (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan.Jakarta : Sinar Baru Algesindo.

Sutikno (2014).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Sutikno, M. Sabry (2014).Metode Belajar Mengajar. Jakarta : Holistica.

Suyanto (2013).Menjadi Guru Profesional.Jakarta : Esensi.

Suyatman (2013).Pengembangan Bahan Ajar.Surakarta : Fataba Press.

Trianto (2015).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta : Kencana.

Wardoyo, Sigit Mangun (2013). Pembelajaran Kontruktivisme, Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v2i1.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats