Persepsi Santri terhadap Program Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an dalam Menarik Minat Mempelajari Al-Qur’an di Rumah Qur’an Fadhilatun Nashir Kelurahan Bende Kecamatan Kadia

Yasin Al fayer, Moh. Yahya Obaid, St Kuraeda, St Fatiimah Kadir

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk  mendeskripsikan persepsi santri tentang pembinaan baca tulis Al-Qur’an di Rumah Qur’an Fadhilatun Nashir. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu; 1) bagaimana program pembinaan BTQ dalam menarik minat mempelajari al-Qur’an; 2) bagaimana persepsi santri RQFN terhadap program pembinaan BTQ dalam menarik minat mempelajari al-Qur’an; dan 3) apa saja kendala yang dihadapi santri dalam menjalani program pembinaan BTQ pada RQFN dalam meningkatkan minat mempelajari al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan dan analisis data dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan pengecekan keabsahan. Hasil penelitian melaporkan bahwa pelaksanaan program pembinaan BTQ dalam menarik minat santri mempelajari al-Qur’an tidaklah mudah, tetapi dilakukan dengan berbagai strategi, yaitu, strategi Nawaitu, metode pembinaan berasas Motto RQFN, dan metode pembinaan sistem halaqah. Persepsi santri RQFN mengenai program pembinaan BTQ dalam menarik minat santri mempelajari al-Qur’an sudah baik karena mampu menarik minat para santri dalam mempelajari al-Qur’an. Kendala yang dihadapi para santri yaitu masih terdapat beberapa santri yang bermain ketika proses belajar sedang berlangsung sehingga mengganggu konsentrasi dari para santri lainnya.


Full Text:

PDF

References


Afriami, Z., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan direktori rumah quran se-kota padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 86–94.

Alfikran. (2017). Penerapan metode iqro dalam pembelajaran al-quran di TPQ Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur.

Daulay, M. roihan. (2014). Studi pendekatan alquran. Jurnal Thariqah Ilmiah, 1(1), 31–45.

Desiana. (2013). Meningkatkan kemampuan membaca al-quran pada anak usia dini melalui penerapan metode iqro plus lartu huruf di RA Ummatan wahidah curup.

Halim, A. adibudin al, & ’azizah, W. nurul. (2018). Upaya peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui pengenalan huruf hijaiyah menggunakan metode qo’idah baghdadiyah ma’a juz “amma (turutan) di kelas 1a mi ma”airif nu 01 tritihkulon tahun pelajaran 2015/2016. Issn Jurnal Tawadhu, 2(1), 490–504.

Khaidir. Z (20013). Kurikulum Pembinaan dan Program Kerja Rumah Qur'an Fadhilatun Nashir.

Putri, A. siwi purwaningtyas istapa. (2017). Kolaborasi metode iqro’ dan metode tatsmur dalam pembelajaran membaca al-qur’an bagi lansia.

Imam An-Nawawi. Riyadhus Shalihin. Solo; penerbit insan kamil, 2016

Rahmawati, Y. (2017). Penerapan metode iqro dalam pembelajaran membaca al-quran di TPQ al husaini rejasari kecamatan Purwokerto Barat kabupaten Banyumas.

Rohmah, R. A. (2019). Implementasi metode iqra’ dalam kegiatan ekstrakurikuler baca al- qur’an di sd negeri 1 Karangsari Bantur Malang.

Sugiono. (2005). Motodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.Bandung, CV Alfabeta

Supramono & Sugiarto. (1993). Statistika. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i2.2636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats