Penerapan Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di MAN 1 Konsel

Reka Kaswanti, Moh. Yahya Obaid, Samrin Samrin, Muhammad Hasdin Has

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 1 Konsel. Metode Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kegiatan keagamaan di MAN 1 Konsel sudah berjalan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan atau direncanakan sebelumnya. Adapun kegiatan mingguan yaitu sholat dhuha berjama’ah, sholat zuhur berjama’ah dan membaca al-Qur’an. Kegiatan mingguan yaitu Majelis ta’lim, pidato bahasa Arab, tahfidz, kaligrafi, tilawah dan sholat jum’at. Kegiatan tahunan yaitu peringatan hari besar Islam seperti peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW dan pesantren kilat di bulan suci Ramadhan; 2) Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan diawasi oleh setiap wali kelas atau guru piket yang bertugas. Sholat dhuha dilaksanakan secara bergantian setiap kelas karena daya tampung masjid yang kurang memadai, begitupun untuk sholat zuhur berjama’ah didahulukan yang perempuan kemudian laki-laki; 3) Kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kegiatan keagamaan adalah rasa malas yang dirasakan oleh peserta didik, siswa yang sering terlambat, masjid yang masih dalam tahap renovasi dan adanya pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Bandung: Rosda Karya

Ary, G.A. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Al-Munzdziri, Z, A. 92004). Ringkasan Shaih Muslim. Bandung: Mizan Pustaka

Lexy, J. M. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Marshal, Z. (2000). SQ Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan Pustaka

Mardani. (2012). Hadits Ahkam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rasyid, H. S. (2000). Fiqh Islam. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo

Sabiq, S. (2016). Fiqh Sunnah. Sukoharjo: Insan Kamil

Triantoro, S. (2007). Spiritual Intelegence: Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu

UU SISDIKNAS. 1989. UU RI Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Presiden Republik Indonesia

Afifatur, R. dkk. (2020). Implementasi Program Keagamaan Dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa Di SMP Islam Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Islam Vol.5, No.2

Fitriani, A dan Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3, No. 2

Abdul, J. (2017). Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin pada Siswa di MTsN Lawang Kabupaten Malang, Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mifrokhatul, L. (1018). Implementasi Kegiatan Keagamaan Islam dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah MAN Pekalongan. Skripsi: IAIN Pekalongan




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i2.3026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats