Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Kaledupa

Wa Ode Darniwanti, Raehang Raehang, Pairin Pairin, Siti Fatimah Kadir

Abstract


Tujuan penelitian adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI kelas X SMK Negeri I Kaledupa dan mendeskripsikan apakah melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar SMK Negeri I Kaledupa, yang dilaksanakan dalam dua siklus pada kelas X semester Ganjil tahun 2020/2021. Prosedur penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metodologi penelitian
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif dengan maksud untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas siswa dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Model pembelajaran koopertif STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri I Kaledupa, yang dapat dilihat pada siklus I mencapai 73,52% dengan sangat baik dan persentase peningkatannya sebesar 17,65%. Aktivitas siswa persentasenya mencapai 73,52% dengan persentase sebesar 17,65%. Hasil belajar siswa dapat dibandingkan dengan nilai sebelum pelaksanaan tindakan yaitu rata-rata 70,15% dengan persentase sebanyak 48,48%, setelah dilakukan tindakan siklus satu, nilai rata-rata mencapai 77,87 dengan persentase ketuntasan 75,75%. Pada siklus kedua presentase belajar meningkat secara signifikan mencapai rata-rata 88,48 dengan presentase 96,96%. Pesentase peningkatan belajar dari prasiklus ke siklus pertama sebesar 11,00%. Pesentase peningkatan hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 13,62%. Pesentase peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus kedua sebesar 26,12%.





Full Text:

PDF

References


Akib Zainal, dkk, 2001. Penelitian Tindakan Kelas Untuk SMA, SMP, dan SMK, (Bandung: Alam Widya).

Ahmadi, Lif Khoiru, & Sofan Amri. (2011). Paikem Gembrot, Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot, sebuah Analisis Teoritis, Konseptual dan Praktik, Jakarta: PT Prestasi Pustaka Karya, 95.

Haryanto, & M. Khairudin. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Untuk Meningkatkan Efektivitas Pmbelajaran Kecerdasan buatan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 22, Nomor 1, Mei 2014, 37

Kokom. Komalasari, (2013). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT. Rafika Aditama, 62.

Muhammad Uti. La Ode,(2019).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Kendari

Nata. Abudddin, (2010). Manajemen Pendidikan, (Jakarta. Kencana Prenada Group,2010), h. 362.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya. Wina, dan Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Indeks, 9.

Sukmadinata. Nana Syaodih, & Erliana Syaodih. (2012). Kurikulum dan pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT Refika Aditama , 197-199.

Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara , 28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i2.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats