Peran Mentor Rumah Qur'an Mahasiswa (RQM) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari

Kalianantri Kalianantri, Abbas Abbas, Aminuddin Aminuddin, Kuraedah Kuraedah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mentor RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa FTIK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkam menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mentor RQM sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Adapun peran yang dilakukan yaitu mentor sebagai pengajar, mentor sebagai pendidik, mentor sebagai pembimbing dan pelatih, mentor sebagai motivator, serta mentor sebagai evaluator. (2) Eksistensi RQM sangat penting dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, karena RQM sebagai wadah yang dapat membantu mahasiswa yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, juga meningkatkan tingkat kelulusan mahasiswa menjadi 95% saat ujian di Fakultas. (3) Kendala-kendala yang dialami oleh mentor RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yaitu pertama penyesuaian jadwal, solusinya dengan musyawarah. Kendala kedua yaitu beberapa peserta kesulitan dalam pelafalan huruf-huruf hijaiyah yang mirip, solusinya yaitu mengarahkan peserta didik untuk membiasakan membaca al-Qur’an dan mendengarkan murotal, serta terus berlatih mengulang-ngulang huruf yang dianggap susah tersebut. Kendala yang ketiga yaitu beberapa peserta RQM tidak aktif mengikuti pembelajaran, solusinya yaitu menghubungi peserta yang bersangkutan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, D. (2014). Musyawarah dalam Al-Qur’an. Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 3(1), 242-253.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Akuntansi Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65.

Biq, D. R. (2019). Upaya Guru Pembina Program Tahsin dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Kelas XI di MA 1 Semarang. Surakarta: IAIN Surakarta.

Haidir & Salim. (2012). Strategi Pembelajaran. Medan: Medan

Publishing, Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahman, K. (2021). Peranan Guru Sebagai Pengajar Dalam Pengembangan Iovasi Pendidikan Di Era 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 1-6.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15- 32. Sanjaya, Wina. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP, Jakarta: Kencana.

Setiawan, D. I. (2015). Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an Dalam Meningkatkan

Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Soetjipto. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 2(1), 1-19.

Widyaningrum, S. D., Amalia, S. F., & Mustiningsih. (2020). Pentingnya Penyusunan Jadwal Pelajaran Dalam Proses Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UIN Malang, 306-312




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i1.3165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats