Metode Pembelajaran Nahwu Sharaf di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Kendari

Fitri Fitri, Abbas Abbas, Fatirah Wahidah, Abdul Gaffar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan metode yang digunakan guru dalam pembelajran nahwu sharaf, faktor-faktor pendukung dan penghambatdalam proses pembelajaran nahawu sharaf, dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat siswa dalam pembelajaran nahwu sharaf di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran nahwu sharaf terbagi menjadi dua yaitu metode Qawaid Wa Tarjamah dan Metode Induktif; (2) faktor – faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran nahwu sharaf terbagi menjadi dua yaitu faktor internal berupa motivasi, minat dan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda serta cita-cita. Adapun faktor external berupa dukungan keluarga dan teman, faktor lingkungan, metode guru,adanya kamus bahasa arab, serta waktu dan jam pembelajaran yang begitu singkat; dan (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat siswa dalam pembelajaran nahwu sharaf di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Kendari dengan cara pemberian motivasi, membenahi sistem pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki pemahaman mereka terkait ilmunahwu sharaf, selalu mengadakan evaluasi dalam pembelajaran serta
membenahi proses penyampaian materi yang sedemikian kompleks agar lebih mudah dipahami oleh
siswa.


Full Text:

PDF

References


Anwar, K. M. (2016). Ilmu Sharaf Terjemahan Kailani dan Nazham Almaqsud berikut Penjelasanya. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Anwar, M. S. (2020 ). Metode Pembelajaran Sharaf Di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta (Penggunaan Kitab Sharaf Karangan Kh. Abdurrahman Chudlori Tegalrejo). KonferensiNasionalBahasaArabVI(KONASBARA), 194.

Bahasa, P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ghalayin, M. a. (2005). Jami’ ad-Durus al-‘abiyah jilid I. Beirut: Dar al kutub al„ilmiyah.

Isjoni. (2008). GuruSebagaiMotivatorPerubahan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lawadi, H. A. ( 2016). Keutamaandan Kewajiban Mempelajari Bahasa Arab. Jakarta: Darus Sunnah Press.

Muna, W. (2011). MetodePembelajaranBahasaArab. Yogyakarta: Teras.

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Pers.

Nurfuadi. (2012). ProfesionalismeGuru.Puwokerto: STAIN Press

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian.Yogyakarta: Penerbit And

Sukamto, I., & Munawir, A. (2005). Bahasa Arab Sistematis. Yogyakarta: Nurma Media Idea.

Umroh, I. L., & Yunus, R. ( Februari 2020 ). Kondisi Bahasa Arab Di Lamongan Pasca Adanya Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Kewajiban Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik. Al-Fakkaar Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab Vol.1No.1, 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i1.3194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats