Sistem Pengelolaan Rumah Tadabbur Qur'an Shalahuddin Kendari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan isi yang mengacu pada fungsi-fungsi manajemen dengan cara mereduksi setiap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Shalahuddin Kendari yaitu membuat perencanaan dengan melibatkan semua personil, membagi tugas pada masing-masing personil, melaksanakan program pengembangan kompetensi peserta didik, melakukan evaluasi terhadap pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an, menfokuskan Pendidikan Al-qur’an Kepada Anak Usia Dini dan Usia Sekolah Dasar, menerapkan Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Secara Gratis, mempertahankan ciri khas pengajaran Al-Qur’an Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) yaitu metode hafalan “gerak Kaisa”. Faktor pendukung dalam pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari yaitu penyebaran Rumah-rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) di dekat Pemukiman Masyarakat, mempunyai Pengajar yang bersemangat tinggi, partisipasi Orang Tua Peserta Didik yang aktif dan biaya Pendidikan Gratis. Sementara itu, faktor penghambat dalam pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari yaitu sulit menemukan pengajar professional, perilaku peserta didik, bertambahnya rumah-rumah tahfiz Al-qur’an.
Full Text:
PDFReferences
Aliwar (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Al-Ta’dib. 9 (1). 21-37
Al-Qaradhawi, Yusuf. (2016). Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Quran. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Anwar, Rosihin. (2013). Ulumul Quran. Bandung: CV Pustaka Setia
Assauri, Sofjan. (2013). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages, (Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
Awaluddin (2018). Peranan Tahfiz Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Santri Yayasan Nidaul Amin Bojo Kabupaten Barru. Skripsi: Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare
Has, Muhammad Hasdin. (2014). Dinamika Karakteristik Pendidikan Perspektif Al-Qur’an (Studi Analisis Tematik Ayat-Ayat Tentang Pendidikan). Al-Ta’dib. 7(2). 141-153
Islamiah, Fajriyatul (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1). 30-38
Maskobri, Aripil. (2019). Peran Rumah Tahfizh Al-Qur’an Sebagai Sarana Dakwah Dalam Upaya Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an (Studi Kasus Rumah Tahfizh Mahir Qur’an Rayhana Maulidia Kota Jambi). Skripsi: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin
Miles & Huberman. (2011). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Norlena, Ida (2015). Kerjasama Orang Tua Dan Sekolah Dalam Pembinaan Anak. Tarbiyah Islamiyah: 5(1). 39-60
Sa'dullah. (2012). Cara Praktis Menghafal Al Qur'an. Jakarta: Gema Insani
Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sumarmi (2020). Guru sebagai teladan bagi siswa. Artikel: https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/03/17/guru-sebagai-teladan-bagi-siswa/. Diakses 9 April 2021
Zawawie, Mukhlisoh. (2011). Pedoman Membaca, Mendengar Dan Menghafal Al-Quran. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Zulfitria (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Siswa. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta. 301-310
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i2.3218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: |
View My Stats