Sistem Pengelolaan Rumah Tadabbur Qur'an Shalahuddin Kendari

Serliyani Serliyani, Samrin Samrin, Pairin Pairin, Badarwan Badarwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan isi yang mengacu pada fungsi-fungsi manajemen dengan cara mereduksi setiap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Shalahuddin Kendari yaitu membuat perencanaan dengan melibatkan semua personil, membagi tugas pada masing-masing personil, melaksanakan program pengembangan kompetensi peserta didik, melakukan evaluasi terhadap pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an, menfokuskan Pendidikan Al-qur’an Kepada Anak Usia Dini dan Usia Sekolah Dasar, menerapkan Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Secara Gratis, mempertahankan ciri khas pengajaran Al-Qur’an Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) yaitu metode hafalan “gerak Kaisa”. Faktor pendukung dalam pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari yaitu penyebaran Rumah-rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) di dekat Pemukiman Masyarakat, mempunyai Pengajar yang bersemangat tinggi, partisipasi Orang Tua Peserta Didik yang aktif dan biaya Pendidikan Gratis. Sementara itu, faktor penghambat dalam pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari yaitu sulit menemukan pengajar professional, perilaku peserta didik, bertambahnya rumah-rumah tahfiz Al-qur’an.


Full Text:

PDF

References


Aliwar (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Al-Ta’dib. 9 (1). 21-37

Al-Qaradhawi, Yusuf. (2016). Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Quran. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Anwar, Rosihin. (2013). Ulumul Quran. Bandung: CV Pustaka Setia

Assauri, Sofjan. (2013). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages, (Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Awaluddin (2018). Peranan Tahfiz Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Santri Yayasan Nidaul Amin Bojo Kabupaten Barru. Skripsi: Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare

Has, Muhammad Hasdin. (2014). Dinamika Karakteristik Pendidikan Perspektif Al-Qur’an (Studi Analisis Tematik Ayat-Ayat Tentang Pendidikan). Al-Ta’dib. 7(2). 141-153

Islamiah, Fajriyatul (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1). 30-38

Maskobri, Aripil. (2019). Peran Rumah Tahfizh Al-Qur’an Sebagai Sarana Dakwah Dalam Upaya Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an (Studi Kasus Rumah Tahfizh Mahir Qur’an Rayhana Maulidia Kota Jambi). Skripsi: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin

Miles & Huberman. (2011). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Norlena, Ida (2015). Kerjasama Orang Tua Dan Sekolah Dalam Pembinaan Anak. Tarbiyah Islamiyah: 5(1). 39-60

Sa'dullah. (2012). Cara Praktis Menghafal Al Qur'an. Jakarta: Gema Insani

Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sumarmi (2020). Guru sebagai teladan bagi siswa. Artikel: https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/03/17/guru-sebagai-teladan-bagi-siswa/. Diakses 9 April 2021

Zawawie, Mukhlisoh. (2011). Pedoman Membaca, Mendengar Dan Menghafal Al-Quran. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Zulfitria (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Siswa. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta. 301-310




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i2.3218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats