Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Di BTN Tawang Alun Kecamatan Baruga Kota Kendari

Muhammad Yusuf, Moh. Yahya, Samrin Samrin, Rasmi Rasmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di BTN Tawang Alun Kecamatan Baruga Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan menggunakan gadget pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di BTN Tawang Alun kecamatan Baruga kota Kendari dapat terlaksana dengan baik. Adapun aplikasi yang digunakan anak-anak ketika mengikuti pembelajaran daring melalui group whatsapp, video youtube dan google form. (2) Bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daringdi BTN Tawang Alun seperti, membimbing anak dalam memahami materi pelajaran, membantu menyelesaikan tugas anak, mengawasi anak dalam pembelajaran daring, menumbuhkan minat belajar anak, membantu mengoperasikan gadget. (3) Kendala yang dihadapi orang tua saat terlibat secara langsung dalam pembelajaran daring seperti, kurang pemahaman materi, kendala terkait jangkauan jaringan internet dan biaya kouta bertambah, kesulitan dalam mengoperasikan gadget, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak dan orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSAKA

Cahyati, N.,& Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. I4(1), 152-159.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55-61.

Irhamna. (2016). Analisis Tentang Kendala-Kendala Yang Dihadapi Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Man Pagar Alam, 56-65.

Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implemention of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. 1 (2), 58-63.

Putria, H., Maula, L.H., & Uswatun, D.A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal basecedu. 4(4), 861-872.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2013). Kemendikbud.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i1.3297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats