Analisis Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Bondoala)

Indriani Martin, Nur Alim, Zulkifli Zulkifli, Aisyah Mu'Min

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bondoala. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalu metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa sebagai subyek pembelajaran kurangnya pemahaman awal siswa terhadap materi pendidikan agama islam dilihat dari belum bisa baca tulis AlQur’an sehingga tidak bisa memahami dengan baik sebahagian pelajaran pendidikan agama islam, malas untuk melakukan sholat fardhu secara rutin, mengakibatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih tergolong rendah, dilihat dari minimnya kompetensi guru dalam menguasai kelas dan peserta didik, kurang dalam penguasan materi mengakibatkan siswa kurang paham terhadap materi yang diajarkan oleh guru, Minimnya kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, Kurangnya lokasi waktu yang tersedia pada pembelajaran pendidikan agama Islam, serta Sarana dan prasarana pembelajaran di SMA Negeri 1 Bondoala masih terbilang kurang lengkap terkhusus media pembelajaran PAI mengakibatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.


Full Text:

PDF

References


Arifin.M. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahlan, M. R, & Qodriah, l. (2018). Lingkungan Penididikan Islami dan Hubungan Dengan Minat Belajar PAI. Jurnal Media Pendidikan Agama Islam, Vol. 07, No. 02, Agustus.

Daulay,D. (2019). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Al-Azhar Medan. Jurnal Ansiru Pai Vol. 3 No. 2. Juli-Desember.

Fasih, A.R. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Tinjauan Al-Qur’an dan Al-Hadist. Jurnal Studi Pendidikan Vol XIV No STAIN Pare Pare 1 Januari-Juni.

Hasibuan,L. (2010). Kurikulum & Pemikiran Pendidikan,Jakarta: Gaung Persada.

M. Dahlan R, lla Qodriah,“Lingkungan Penididikan Islami dan Hubungan Dengan Minat Belajar PAI”, Jurnal Media Pendidikan Agama Islam, Vol. 07, No. 02, Agustus 2018

Martinis Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada, 2010.

Muhammad Tri Ramdhani dan Siti Ramlah, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 3 Telangakah Desa Hampalit Kabupaten Katingan, Jurnal Hadratul Madaniyah Volume 2, Nomor 2, Desember 2015.

Muslimin. (2017). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Solusi Guru Agama Dalam Pembinaannya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 01, No. 2, Desember

Muzayyin Arifin. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i1.3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats