Implikasi Perceraian Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPN 1 Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe

Wardana Solit Sabansari, Badarwan Badarwan, Hadi Machmud, Syahrul Syahrul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang implikasi perceraian terhadap kesulitan belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Lalongasumeeto Kabupaten Konawe. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menunjukkan kehidupan masyarakat, tingkah laku, sejarah, fungsional organisasi, pergerakan sosial, dan hubungan kekerabatan. Jenis data yang penulis gunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari data internal dan data eksternal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa: pertama, perceraian yang terjadi kepada orang tua siswa diakibatkan oleh berbagai faktor, dianataranya akibat perselingkuhan, krisis ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga, perjudian, mabuk-mabukan, pertengkaran terus menerus yang terjadi dan salah satu pihak meninggalkan pihak lain tanpa izin serta tanpa alasan yang sah; Kedua, terdapat beberapa masalah yang dialami siswa korban perceraian, yaitu masalah psikis, yaitu, rasa cemas, terauma, pendiam, temperamental, serta sulit untuk mengatasinya dan masalah akademisi seperti malas belajar, suli mengerjakan tugas.


Full Text:

PDF

References


Abd. Aziz Muhammad Assam Dan Abd. Wahhab Seyyed Hawwa. (2011). Fiqih Munakahat Khitbha, Nikah, Dan Talak. Jakarta: Amzah.

Abdul, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abdul, R. (2012).Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam.Jurnal Eksis.8 (1), 3.

Ahiri, J. (2017). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajarn Di Sekolah, jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Ahsan, M, & Sumiyati. (2014). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Amri, Sofan, Jauhari, Ahmad, dan Elisah, Tatik. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Idea Press.

Ayescha, A. (2015). Jurnal Sosiologi, Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kecamatan Pontianak Barat Kalimantan Barat, Vol.3, No.3

Bintania, A. (2012). Hukum Acara Pengadilan Agama Dalam Kerangka Fiqh Al-Qadha, Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i1.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats