Perilaku Keagamaan Remaja Putus Sekolah di Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur

Ayu Wulandari, Nur Alim, Abdul Kadir, Aisyah Mu'min

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perilaku keagamaan remaja putus sekolah di desa Lalowosula kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karena penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, maka data yang diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan dan analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman, proses analisis dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku keagamaan remaja putus sekolah di desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur, dalam perilaku kesehariannya bahwasanya mereka ini rajin ikut shalat berjama`ah di mesjid, ikut puasa bersama serta perilaku keseharian dalam lingkungan ataupun dalam keluarga juga tidak kalah baik dengan remaja-remaja yang berpendidikan, selain itu ada kegiatan keagamaan tambahan yang dibentuk oleh tokoh agama dan masyarakat yaitu yasinan keliling dan sholawatan.


Full Text:

PDF

References


Fauzi, A. (2015). Analisis Peranan Pemerintah Daerah Terhadap Anak Putus Sekolsah Di Kabupaten Wajo. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Hasanudin Makasar

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lickona, Thomas. (2013). Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara

Muhtarom, A. (2013). Upaya Mengatasi Putus Sekolah Melalui Program Pendidikan Di Desa Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan.Skripsi tidak dipublikasikan. Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.

Muhtarom, A. (2013). Upaya Mengatasi Putus Sekolah Melalui Program Pendidikan Di Desa Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan.Skripsi tidak dipublikasikan. Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.

Purnama., T, D. (2014). Fenomena Anak Putus Sekolah Dan Faktor Penyebabnya di Kota Pontianak. Jurnal Putus Sekolah 2 (4).

Slameto,(2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta

Suyanto, B. (2016). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group

Ulwan, Abdullah Nashih. (2012). Pendidikan Anak Dalam Islam Ter. Drs, Jamaluddin Miri, Jakarta: Pustaka Amani

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i1.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats