Implementasi Pendidikan Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Ranombayasa Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan.

Cici Sumiati, Zulkifli M, Moh. Yahya Obaid, Abbas Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya masyarakat desa Ranombayasa dalam mendidik generasi muda agar melestarikan sikap toleransi antar umat beragama beserta implementasinya untuk menjaga harmonisasi sosial karena masyarakat desa Ranombayasa terdiri dari 4 (empat) agama yakni Hindu, Islam, Katolik, dan Protestan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bentuk implementasi pendidikan toleransi antar umat beragama yang telah berjalan yakni: 1) Hidup Rukun dan damai; 2) Menerima dan menghormati adat istiadat; 3) Menghormati dan mematuhi norma; 4) Menghargai hak spiritual; 5) Bergaul dan berinteraksi bertimbal balik dengan baik. Faktor penghambat implementasi pendidikan toleransi di desa Ranombayasa yaitu kurang pemahaman tentang agama, dan adanya hubungan kurang baik digelintir masyarakat akibat dari kesalahpahaman, dampak negatif dari media, fanatik buta, dan dinamika politik.


Full Text:

PDF

References


Aly, Noor Djannah. 2015. Tantangan Bagi Guru PAI Menerapkan Konsep PAI Berwawasan Multikultural. Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam. IAIN Kendari.

Arif, Dikdik Baehaqi dan Rianny Puspita. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika di SMA Muhammadiyah 5. Yogyakarta:Citizenship.

Arifinsyah. 2018. Ilmu Perbandingan Agama dari Regulasi ke Toleransi. Medan: Perdana Publishing.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantara, A. 2017. Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong (Indonesia Dalam Kacamata Soekarno).

Effendi, Djohan. 2010. Pluralisme dan Kebebasan Beragama. Yogyakarta. Interfidei.

Ghofir, Jamal. 2017. Nilai Toleransi Dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW. Menyingkap Pesan Damai Piagam Madinah. Yogyakarta. Dialektika.

Muhtadi, Saian. 2015. Skripsi S1 Jurusan Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Tulungagung.

Nuriz, Adib Fuadi. 2015. Problem Plralisme Agama dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan. Ponorogo: Center Fof Islamic and Occidental.

Tamala, Evi. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama dalam Menanamkan Nilai Toleransi Antara Umat Beragama Siswa di SMPN 2 donggo kabupaten Bima. Skripsi Fakultas Agama Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i2.3775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats