Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Cialam Jaya Konawe Selatan

Paramita Paramita, Nurdin Nurdin, Pairin Pairin, Hadi Machmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, dan peran guru dalam membentuk karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, serta mengetahui nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak usia 7-12 tahun di MDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  deskriptif. Data di kumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan study dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA belum sepenuhnya baik, karena masih ditemukan 3 orang anak didik yang prilakunya kurang terpuji seperti mencuri uang dan barang-barang temannya, berkata kasar, bermain dalam sholatnya, sedangkan dari segi karakter yang baik ada 5 orang anak yang memiliki karakter yang baik; 2) Peran guru dalam membentuk karakter religius anak yaitu, peran guru sebagai pendidik dan pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai contoh tauladan, peran guru sebagai motivator, 3) Nilai-nilai karakter religious yang ditanamkan guru pada anak adalah nilai ibadah dan nilai akhlak.


Full Text:

PDF

References


Gunawan Heri (2012). Pendidikan Karakter Islam, Bandung:Pustaka Setia.

Mahubbi M (2012). PENDIDIKAN KARAKTER Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Asmani Jamal Ma’mur (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.

Hamalik Oemar (2001). Media Pendidikan, Bandung: PT.Citra Aditiyah Bakti

Juhji (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 55.

Karso, (2019). Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah, Core: Jurnal Online Universitas PQRI Palembang.

Sanjaya Wina (2008) Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajara, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Muhammad Agung Priyanto (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Jamaah Di Mesjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto

Abidin Ibnu Rusn (2009). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Maimun Agus dan Agus Zainul fitri (2010). Madrasaah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang: UIN-Maliki Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v3i2.3809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats