PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 20 KONAWE SELATAN

Iin Aulia Utami, Moh. Yahya Obaid, Samrin Samrin, Aminuddin Aminuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 20 Konawe Selatan selama 4 (empat) bulan dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Analisis data menggunakan model analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan penting, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 20 Konawe Selatan telah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak pada siswa. Hal ini terlihat dari metode yang digunakan guru yaitu dengan melakukan: keteladanan, nasehat, pelatihan, pembiasaan, tindakan sosial dan disiplin serta memberikan arahan kepada siswa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai manusia. Perilaku siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan dikategorikan cukup baik.

A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, (Strategi Mendidik Siswa di Zaman Global), Jakarta: Grasindo, 2010

Abdullah, Mas Udik. Meledakkan IESQ dengan Langkah Takwa dan Tawakal, Jakarta: Zikrul Hakim, 2005

Al Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press: 2005

Al Qusyairi, Abu Husein Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim. Shahih Muslim, Beirut: Dar al-Fikr, 2005

Al Syaibani, Ahmad Ibn Hanbal Abu Abdillah. Musnad Imam Ahmad Ibn Hanbal, Juz 2, Kairo: Muassasah Qurtubah, tt

Allen, Jane Elizabeth dan Marilyn Cheryl, Disiplin Positif, terj. Imam Machfud, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2005

Aly, Hery Noer dan Munzier Suparta, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2008

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2010

Basire, Jumri Hi. Tahang Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa, Jurnal Hunafa, Vol. 7, No.2, Desember 2010

Daradjat, Zakiah. Kesehatan Mental, Jakarta: CV. Gunung Agung, 2011

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2014

Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008

Fatmawati, Peran Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja, Jurnal RISALAH, Vol. 27, No. 1, Juni 2016

Gunawan, Ary H. Sosiologi Pendidikan-Suatu Analisis Sosial tentang Berbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Kahmat, Dadang. Sosiologi Agama, Bandung: Rosda, 2011

Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV. Diponegoro, 2017

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta PT. Rineka Cipta, 2006

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Munardji, Diklat Ilmu Pendidikan Islam, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2000

Nashori, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Jogyakarta: Menara Kudus, 2014

Purwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Purwanto, Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Modern, Yogyakarta: Penerbit Kanasius, 2010

Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos, 2014.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga dalam Era Global, Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002

Soemantri Patmonodewo, Pendidikan Siswa Pra Sekolah,Jakarta: Rhieneka Cipta, 2002.

Sugiono, Memahami Penelitian Kulaitatif, Bandung: Alfabeta, 2009

Suroso dan Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus, 2005

Sururin, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Unaradjan, Dolet. Manajemen Disiplin, Jakarta: PT Grasindo, 2008

Widiyanta, Ari. Sikap Terhadap Lingkungan dan Keagamaan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. Vol. 1 No. 2. 2015

Yonas, Luthfi Kholida.  Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Peserta Didik MAN I Baureno Bojonegoro (tesis) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2016

Zubaedi, Islam dan Benturan Antarperadaban: Dialog Filsafat Barat dengan Islam, Dialog Peradaban, dan Dialog Agama, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007


Full Text:

PDF

References


A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, (Strategi Mendidik Siswa di Zaman Global), Jakarta: Grasindo, 2010

Abdullah, Mas Udik. Meledakkan IESQ dengan Langkah Takwa dan Tawakal, Jakarta: Zikrul Hakim, 2005

Al Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press: 2005

Al Qusyairi, Abu Husein Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim. Shahih Muslim, Beirut: Dar al-Fikr, 2005

Al Syaibani, Ahmad Ibn Hanbal Abu Abdillah. Musnad Imam Ahmad Ibn Hanbal, Juz 2, Kairo: Muassasah Qurtubah, tt

Allen, Jane Elizabeth dan Marilyn Cheryl, Disiplin Positif, terj. Imam Machfud, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2005

Aly, Hery Noer dan Munzier Suparta, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2008

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2010

Basire, Jumri Hi. Tahang Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa, Jurnal Hunafa, Vol. 7, No.2, Desember 2010

Daradjat, Zakiah. Kesehatan Mental, Jakarta: CV. Gunung Agung, 2011

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2014

Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008

Fatmawati, Peran Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja, Jurnal RISALAH, Vol. 27, No. 1, Juni 2016

Gunawan, Ary H. Sosiologi Pendidikan-Suatu Analisis Sosial tentang Berbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Kahmat, Dadang. Sosiologi Agama, Bandung: Rosda, 2011

Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV. Diponegoro, 2017

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta PT. Rineka Cipta, 2006

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Munardji, Diklat Ilmu Pendidikan Islam, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2000

Nashori, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Jogyakarta: Menara Kudus, 2014

Purwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Purwanto, Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Modern, Yogyakarta: Penerbit Kanasius, 2010

Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos, 2014.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga dalam Era Global, Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002

Soemantri Patmonodewo, Pendidikan Siswa Pra Sekolah,Jakarta: Rhieneka Cipta, 2002.

Sugiono, Memahami Penelitian Kulaitatif, Bandung: Alfabeta, 2009

Suroso dan Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus, 2005

Sururin, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Unaradjan, Dolet. Manajemen Disiplin, Jakarta: PT Grasindo, 2008

Widiyanta, Ari. Sikap Terhadap Lingkungan dan Keagamaan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. Vol. 1 No. 2. 2015

Yonas, Luthfi Kholida. Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Peserta Didik MAN I Baureno Bojonegoro (tesis) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2016

Zubaedi, Islam dan Benturan Antarperadaban: Dialog Filsafat Barat dengan Islam, Dialog Peradaban, dan Dialog Agama, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i1.4357

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats