Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal dan Perhatian Orang tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe

Hardiman Hardiman, Abdul Kadir, Sitti Aisyah Mu'min, Jumarddin La Fua, Imaludin Agus

Abstract


Abstrack
This study aims to determine: 1) Formal education level, parental attention and learning achievement of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. 2) The0influence0of0parents0formal0education0level0on learning achievement0of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. 3) The effect of parental attention on learning achievement of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. 4) the influence of the level of formal education and parental attention on learning achievement of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. This type of research is quantitative research using survey methods. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling, the number of samples used is 38 of the total 149 population. Data collection technique used are questionnaires and documentation. Data analysis used descriptive analysis and inferential analysis with the help of Program Excel and SPSS 24. From the results of multiple linear regression analysis obtained equation Y= 13,035+(-0,120)X1+0,819X2. Ha X1 against Y is rejected since the partial test (t test) yielded t count the influence of the variable level of parents formal education = 0,326< t tabel= 1,690 with a significance of 0,746 > 0,05. Ha X2 against Y is accepted because the parental attention variable obtained t count = 12,025 > t tabel = 1,690 with a significance of 0,000 < 0,05. Simultaneous Test results (F test) obtained F count = 72,969 > F tabel = 3,267 with`significance 0,000 < 0,05, so that Ha X1 and X2 against Y is rejected Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the level of formal education of parents of MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students is generally high school/MA, parental attention to MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students is generally in the medium category, and PAI learning achievement of MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students are in the medium and high categories, then the level of parental formal education partially has no effect on PAI learning achievement in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students and parental attention partially significantly influences PAI learning achievement in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students, then the level of formal education and parental attention simultaneously affect PAI learning achievement in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students.
Keywords: Parents level of formal education, Parents attention, Islamic Religious Education learning achievement.

 

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat pendidikan formal, perhatian orang tua dan prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 2) Pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 4) Pengaruh tingkat pendidikan formal dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate stratified random sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 dari total 149 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan Program Excel dan SPSS 24. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh rumus Y= 13,035+(-0,120)X1+0,819X2). Ha X1 terhadap Y ditolak karena Uji parsial (uji t) menghasilkan t hitung pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua = 0,326< t tabel= 1,690 dengan signifikasi 0,746 > 0,05. Ha X2 terhadap Y diterima karena variabel perhatian orangtua diperoleh t hitung = 12,025 > t tabel = 1,690 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung = 72,969 > F tabel = 3,267 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menyimpulkan bahwa tingkat pendidikan formal orang tua siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto pada umumnya berpendidikan SMA/MA, Perhatian orang tua pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto pada umumnya berada pada kategori sedang, dan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto berada pada kategori sedang dan tinggi, kemudian tingkat pendidikan formal orang tua secara parsial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto dan perhatian orang tua secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto, kemudian tingkat pendidikan formal dan perhatian orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto.
Kata Kunci: Tingkat pendidikan formal orangtua, perhatian orang tua, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emor, A. C. J., dkk. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung. Jurnal Civic Education, 3(1).

Ghazali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasan, I. (2003). Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munib, A. (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Salsabila, A. & Putpitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 278-288.

Santi, R.C.N., & Sri, E. (2015). Implementasi Statistik dengan Database Mysql. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 20 (2), 135.

Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, K. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto. UNDIP.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Yusnianti, E. & Kurniati. (2017). Analisa Puncak Banjir dengan Metode MAF (Studi Kasus Sungai Krueng Keureuto). Jurnal Einstein, 5 (1), 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i1.4402

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats