PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA SMP NEGERI 1 MOTUI KABUPATEN KONAWE UTARA

Asri Ningsih, Abdul Kadir, Jumarddin La Fua, Halistin Halistin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa SMP Negeri 1 Motui di Kabupaten Konawe Utara terhadap lingkungan belajar, penggunaan gadget, dan antusiasme dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, dan 55 siswa di antaranya dijadikan sampel, yang dipilih dengan menggunakan pendekatan proportionate random sampling. (1) Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar memiliki pengaruh langsung terhadap siswa di SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara terhadap minat belajar PAI sebesar 39,7, yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17,117 > 3,17 dan nilai signifikansi 0,000<0,05, (2) Motivasi siswa SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara motivasi siswa dalam belajar PAI secara langsung dipengaruhi oleh penggunaan gadget sebesar 12,3, yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai sig. thitung > ttabel, yaitu 3,788 > 2,006 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (3) Hasil perhitungan sig. thitung> ttabel, yaitu 3,030 > 2,006 dan memiliki nilai signifikansi 0,004<0,05, menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh langsung terhadap minat belajar PAI pada peserta didik SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara dengan faktor sebesar 14,8.

Full Text:

PDF

References


Al Faruq, T. H., & Andri, M. N. (2018). Dampak Psikologi Penggunaan Smartphone. Jurnal Pendidikan dan Pengapdian Masyarakat. Vol. 1 No. 1

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kencana

Erlando, D. S. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 6(1): 35-43, 2016. ISSN: 2088-351X.

Hafriayanto. (2015). Pembelajaran Konstruktivistik Meningkatkan Cara Berpikir Divergen Siswa SD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 8 No. 1

Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.

Khairani, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Pidarta, M. (2009). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Simanjuntak, J. (2013). Mengenali Monster Pribadi -- Seni Pemulihan Diri Sendiri dari Trauma Emosi Negatif, dan Kebiasaan Buruk. Jakarta: Yayasan PELIKAN Indonesia.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alvabeta, CV.

Siti, A. (2017). Fenomena Social Loafing dalam Praktek Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 1 No. 1.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i1.5300

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats