PENERAPAN ICE BREAKING PADA PEMBALAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Lesi Oktiani Putri, Yona Wahyuningsih

Abstract


Metode pembelajaran dengan cara ceramah dirasa sangat mebosankan bagu para peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan ice breaking pada pembelajaran tematik bagi peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunalan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Simpulan penelitian menunjukkan teknik ice breaking dapat digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini guru dapat menerapkan teknik ice breaking dalam kegiatan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi menyenangkan.


Keywords


Ice Breaking, Tematik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Hendawati, Y.M. 2020. Penerapan Ice breaking Pada Pembelajaran Tematik Kelas IIB Di MI Darul Huda Wonoroto Umbul Sari Jember. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Nenegi Jember: Jember.

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792

Myland, D., & Ehlers, S. (2016). Influence of bow design on ice breaking resistance. Ocean Engineering, 119, 217–232. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2016.02.021.

Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dengan Selingan Ice Breaker terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 312–320. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16147

Rahman, Adb., dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur – Unsur Pendidikan. Dalam Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam [Online] No. 1 (2). Tersedia https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873.

Setiawan, Adib Rifqi. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Suhartono, I. B. (2016). Penerapan ice breaking sebagai upaya peningkatan efektivitas proses belajar mengajar siswa kelas iv sdn mulyorejo ii ngantang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i1.6310

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats