PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI MAHASISWA PLP II PRODI PAI IAIN KENDARI

Anni Mujahidah, Masdin Masdin, Sitti Aisyah Mu'min, Abbas Abbas

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Ingin tahu mengenai pembelajaran microteaching mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari; 2) Untuk mengetahui sikap percaya diri mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari ; 3) Ingin tahu perihal pengaruh pembelajaran microteaching terhadap sikap percaya diri mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan survey. Hasil penelitian ini adalah 1)  Pembelajaran microteaching mahasiswa PLP II Prodi PAI memeroleh rata-rata nilai 149.81 dengan prosentase 69,6 % termasuk dalam kategori sedang. 2) Sikap percaya diri mahasiswa Prodi PAI memeroleh rata-rata nilai 119.81 dengan prosentase 73,9 % termasuk dalam kategori sedang. 3) Pembelajaran microteaching punya pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap percaya diri mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari sebesar 30,6 % dan sisa 69,4 % dipengaruhi hal lain yang bukan skop penelitian ini.

Keywords


Microteaching; Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Apriani, L., Alpen, J., & Arismon, A. (2020). Tingkat percaya diri dan keterampilan micro teaching. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1 (1), 4249.https://doi.org/10.25.299/es:ijope.2020.vol1(1).5155.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perekembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung. Pustaka Setia.

Helmiati. (2013). Microteaching Melatih Keterampilan dasar mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hasibuan, J. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhafidah. (2020). Hubungan Self Efficacy Dengan Belajar Siswa SMP Negri 5 Kendari. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari.

Pujianti, P.“(2017). Pengaruh Pembelajaran Microteaching terhadap Sikap Percaya Diri Melaksanakan Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Makassar).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kunatitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukarsdi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, kompetensi dan praktiknya. Yogyakarta: Bumi Askara.

Sudarman. (2021). Microteaching Dasar Komonikasi & Keterampilan Mengajar. Malang : Wineka Media

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i1.6416

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats