Pengaruh Game Online dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik

Novianti Novianti, Masdin Masdin, Tandri Patih

Abstract


Banyak siswa SMAN 07 Bombana yang suka bermain game online dan merasa kesulitan untuk belajar, sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada prestasi akademik mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak pola asuh orang tua dan game online terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN 07 Bombana. Penelitian kuantitatif korelasional adalah metode yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan game online siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 68%; 2) Pola asuh orang tua memiliki persentase tertinggi yaitu 89%; 80 siswa memiliki pola asuh demokratis; 3) Hasil belajar PAI siswa memiliki rata-rata 75,84; 50 siswa atau 56% masuk dalam kategori tuntas; dan 4) Tidak terdapat hubungan antara penggunaan game online dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar PAI siswa. Faktor game online dan pola asuh orang tua tidak mengubah hasil belajar PAI siswa SMAN 07 Bombana, sesuai dengan nilai signifikan variabel sebesar 0,177 > 0,05. Variabel X terhadap Y memiliki kontribusi sebesar 5,54%, sesuai dengan koefisien determinasi, sedangkan sisanya sebesar 94,46% dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords


Game Online; Pola Asuh Orang Tua; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anisa, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Aqwa, M. F. (2021). Pengaruh Bermain Game Online Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Ngadiluwih. Institut Agama Islam (IAIN) Kediri.

Arimin, F. R. (2022). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. UIN Alauddin Makassar.

Astuti, Satriani, & Hafid, A. (2021). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas tinggi SDN 26 Watang Palakka. 5(3), 544–552.

Astutik, F. I., Zainulllah, & Fajriyah. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI At-Tabligiyah Ponjanan Timur. Jurnal Kependidikan MI, 8(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mpgmi.v8i1.445

Hakim, S. N. (2013). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 287–292.

Lathifa, N., & Ilmi, D. (2022). Problematika Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di SMAN 1 Candung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8753–8763.

Lestari, F. P. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1Donorojo Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Pratini, S., Sripatmi, Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 570–577.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i2.6837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats