Interaksi Edukatif Guru dengan Peserta Didik dalam Membentuk Kepribadian Muslim di MTs Karae Kabupaten Buton Selatan

Ririn Ririn, Samsuri Samsuri, Rasmi Rasmi, Nurdin Nurdin, Imelda Wahyuni

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui interaksi edukatif guru dan mengetahui penyebab pendukung dan penghambat interaksi edukatif guru dengan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di MTs Karae. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi di MTs Karae. Peneliti menggunakan editing, klarifikasi, display, dan verifikasi data, triangulasi yakni triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Peneliti menemukan di lapangan, bahwa (1) Guru melakukan pendekatan kepada peserta didik dengan pembiasaan, motivasi, nasihat, dan keteladan; (2) Guru memberikan materi dengan contoh yang ada di lingkungan madrasah; dan (3) Guru mengarahkan peserta didik agar mengikuti kegiatan di masjid Desa Karae. Faktor penghambat (1) Kurangnya tingkat perhatian dan kosentrasi beberapa peserta didik dalam proses pembelajaran; (2) Orang tua yang sibuk bekerja; (3) Bergaul dengan teman yang tidak baik; (4) Peserta didik kurang percaya diri, dan (5) Sarana prasarana belum memadai. Adapun faktor pendukungnya (1) Pihak MTs Karae mendukung pembentukan kepribadian; (2) Guru membiasakan peserta didik agar bersikap baik dalam menghargai guru, orang tua maupun teman sebaya; (3) Menerapkan disiplin kepada peserta didik dan (4) Peserta didik mengikuti  kegiatan di masjid Desa Karae

Keywords


Interaksi Edukatif; Guru; Peserta Didik; Kepribadian Muslim

Full Text:

PDF

References


Ardayani, Lili. (2017). Proses Pembelajaran dalam Interaksi Edukatif. Jurnal Itqan. 8 (2). 192

Dahlia. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan Karakter Peserta Didik.. Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam. 1 (1). 99

Elvira, Maria Gama Ximies. (2014). Pelaksanaan Komunikasi Edukatif dalam Proses pembelajaran di Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Skripsi. Yogyakarta

Firli, M, igh. (2019). Interaksi Edukatif Guru Pai Dengan Siswa Dalam Membentuk Pribadi Muslim di Smp Bakti Mulya 400 Pondok Pinang Jakarta Selatan. Skripsi dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Fitriana. (2019). Peran Interaksi Edukatif Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Palu. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Hidayat, Rofiq., & Tutuk Ningsih. (2022). Pentingnya Interaksi Edukatif Pendidik dalam Upaya Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4 (6). 90

Kartika, J. (2017). Interaksi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs N Kulon Progo. Skripsi dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nasution, Zulkifli. (2017). Konsep Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam (Prespektif Al-Qur’An). Jurnal Pendidikan dan Kependidikan. 2 (4). 45-46

Nurhayati & Apriliani, N. H. (2021). Komunikasi Edukatif Guru dalam Kegiatan Mengajar Belajar. Jurnal PENDAIS. 3 (1). 103-121

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia

Suharti. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah. Surabaya: Cv. Jakad Media Publishing

Usman, Mufahir. (2021). Interaksi Edukatif Guru Akidah Akhlak dengan Peserta Didik dalam Upaya Membina Akhlak Mulia kelas VII di MTs Al-Fatah Ambon. Tesis dipublikasi kan. Institut Agama Islam (IAIN) Ambon

Usman, Sulfina. (2022). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pengembangan Kepribadian Peserta Didik di MTs DDI Padanglolo Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis. IAIN Parepare




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v4i2.6971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats