PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MAN 1 KENDARI

Naif Andika Putra, Zulkifli M, Erdiyanti Erdiyanti

Abstract


(1) Untuk mengkarakterisasi pendidikan agama Islam dalam keluarga, budaya religius sekolah, dan kedisiplinan beragamaan siswa di MAN 1 Kendari adalah tujuan utama dari penelitian ini.  (2) Untuk mengetahui apakah kedisiplinan beragama peserta didik di MAN 1 Kendari dipengaruhi secara signifikan oleh pendidikan agama Islam yang diterima di keluarga. (3) Untuk mengetahui apakah kedisiplinan beragama siswa di MAN 1 Kendari dipengaruhi secara signifikan oleh budaya religius sekolah. (4) Untuk mengetahui apakah kedisiplinan beragama siswa di MAN 1 Kendari dipengaruhi secara signifikan oleh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan desain penelitian survei kausalitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa di MAN 1 Kendari, (1) Pendidikan agama Islam dalam keluarga, budaya religius sekolah, dan kedisiplinan beragama siswa di MAN 1 Kendari semuanya berada pada kategori tinggi sesuai dengan distribusi frekuensi masing-masing variabel. (2) Berdasarkan hasil nilai thitung sebesar 5,912 > ttabel (2,00856) dan nilai signifikansi 0,000 0,05, pendidikan agama Islam yang diterima di rumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan beragama siswa. (3) Kedisiplinan beragama siswa dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh budaya religius sekolah, hal ini didukung oleh nilai thitung sebesar 8,814 > ttabel (2,00856) dan nilai signifikansi sebesar 0,0000.05. (4) Dengan nilai signifikansi 0,000 0,05 dan nilai Fhitung 45,272 > Ftabel 3,18, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena pendidikan agama Islam dalam  keluarga dan budaya religius sekolah secara bersama-sama/ simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan beragama siswa. Pendidikan agama Islam memiliki pengaruh positif sebesar 65% terhadap kedisiplinan beragama siswa baik di rumah maupun di sekolah

Keywords


Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, Budaya Religius Sekolah, Kedisiplinan Beragama Siswa

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N., & Wibawa, N. H. H. P. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al Ulum, 13, 25–38.

Ainurrofiq, A. 2016. Pengaruh Pendidikan Agama Dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Siswi Kelas X MIPA di SMA Negri 3 Ponorogo Tahun 2019/2020.

Azizah, F. 2020. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Konrol Diri Siswa SMK Iptek Nurul Ihsan Pulo Gebang Jakarta Timur.

Bafadhol, I. 2018. Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Khadavi, M. J. 2008. Pengembangan Budaya Religius Dalam Komunitas Sekolah. Jurnal Kajian Islam, 1(2), 148–162.

Mirwan M, M., Wahidin, D., & Aryani, W. D. 2022. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama ( Penelitian Kuantitatif Kepada Siswa SMP Plus Al-Aitaam Bandung ). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 533–538.

Nawawi, M. A., & Iskandar, R. 2019. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 357–367.

Putri, A. N., & Mufidah, N. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. Journal of Social Science and Education, 1(2), 133–148.

Riantao, A. 2018. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung.

Sartina. 2018. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa Di SMP Negeri 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

Sumiyati, E. 2020. Pengaruh Budaya Religius Sekolah Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI Di SMA Plus Permata Insani Islamic School Kabupaten Tangerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(1), 21–46. Setyawati, & Mulyo, A. M. T. (2022). Kontribusi Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beragama Siswa. Academica: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora, 4(2).

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. In Statika Untuk Penelitian (Vol. 12, pp. 1–415).

Yasyakur, M. 2017. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu.Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230.

Yonas, L. K. 2016. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama Peserta Didik MAN I Baureno, Bojonegoro.

Zulkifli M, 2022. Konsep Pendidikan Dalam Berbagai Aspeknya. Bandung: Penerbit Alfabet




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jpi.v5i1.7251

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats